Sukses

Dubes AS: ISIS Sulit Berkembang di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Namun, Duta Besar Amerika Serikat untuk RI, Robert O Blake, Jr yakin, kelompok radikal seperti ISIS -- yang secara sepihak memproklamirkan diri sebagai Negara Islam -- tak akan berkembang di Tanah Air.

"Jadi sangat sulit bagi kelompok radikal seperti ISIS untuk berkembang di sini," kata Dubes Blake, dalam wawancara khusus bersama Adanti Pradita dari Liputan6.com.

Ada sejumlah alasan mengapa ideologi radikal tak subur di Bumi Nusantara. "Indonesia memiliki sistem demokrasi yang sangat terbuka," tutur Dubes AS.

Ayah 3 anak tersebut menambahkan, sistem ekonomi di Indonesia juga membuka kesempatan bagi para pemuda untuk mendapatkan pekerjaan. "Masyarakat di sini juga sangat toleran," tambah Dubes Blake.  

Sementara itu, koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat terus melancarkan serangan udara ke markas ISIS di Suriah dan Irak. Tujuannya, untuk melumpuhkan kelompok radikal itu.

Dubes Blake mengatakan, belum ada kerja sama khusus antara RI dan AS dalam penanggulangan kelompok radikal. "Indonesia telah bekerja keras secara mandiri dalam hal ini. Tidak terlalu membutuhkan bantuan dari kami (AS)," kata dia.

Selain tentang ISIS, dalam wawancara yang dilaksanakan di kantor redaksi Liputan6.com juga membahas banyak hal, tentang hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat, perpanjangan kontrak karya Freeport, daya tarik investasi RI, pemilu AS yang bakal digelar pada 2016, juga pendekatan unik Dubes Blake ke warga di Tanah Air.

Mantan Duta Besar AS di Sri Lanka itu kerap 'blusukan' ke kota-kota Indonesia, ke pasar-pasar hingga ke kampung nelayan. Ia bahkan sempat ikut main sinetron 'Emak Ijah Pengen ke Mekah' yang ditayangkan stasiun televisi SCTV.

Dubes Blake juga menyampaikan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama siap menyambut kedatangan Presiden Jokowi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Tentang arti penting Indonesia bagi Negeri Paman Sam, Dubes Blake mengatakan, "Indonesia adalah negara berkembang yang menjadi patner penting bagi AS."

Berikut video wawancara Liputan6.com dengan Dubes AS, Robert O. Blake, Jr: