Sukses

Banjir Rendam Lamongan dan Sleman, Pemilik Tambak Merugi

Banjir di Lamongan rendam ribuan hektar tambak. Sedangkan di Sleman, banjir memutus saluran PDAM daerah setempat.

Liputan6.com, Lamongan - Banjir akibat luapan Sungai Bengawan Jero merendam Desa Kemlagi Gede dan Kemlagilor, Lamongan, Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 50 cm.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (8/5/2015), lalu lintas kendaraan pun terganggu, bahkan tidak sedikit mogok lantaran mesin kendaraan terendam air.

Banjir juga merendam ribuan hektare tambak di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Turi, Kalitengah, Deket, Glagah, dan Karangbinangun.

Agar ikan tidak terbawa banjir, para pemilik tambak terpaksa memasang jaring di sekeliling tambak. Mereka menyatakan akibat banjir penghasilan mereka menurun tajam dari Rp 1 juta menjadi Rp 300 ribu saja.

Sementara itu di Sleman, Yogyakarta, banjir besar yang menerjang beberapa waktu lalu membuat sejumlah infrastruktur milik PDAM Sleman rusak parah.

Selain merusak tanggul pemasok, banjir juga memutus pipa saluran PDAM di sejumlah titik. Akibat kerusakan ini, pasokan air bersih ke pelanggan terganggu.

Lebih dari 2.400 pelanggan PDAM di daerah terdampak banjir yaitu Kecamatan Sleman, Turi, dan Ngemplak tidak terlayani dengan baik. Kini upaya perbaikan terus dilakukan untuk memulihkan pasokan air bersih. (Vra/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.