Sukses

Pertama Kali Dalam Sejarah, Warga Inggris Daftar Online di Pemilu

Jutaan orang memberikan suara mereka pada pemilihan umum di Inggris hari Kamis ini. Sekitar 50 ribu TPS dibuka untuk gelaran ini.

Liputan6.com, London - Jutaan orang memberikan hak suara mereka pada pemilihan umum atau pemilu di Inggris hari Kamis ini. Sekitar 50 ribu tempat pemungutan suara (TPS) dibuka serentak di seluruh negeri, pada pukul 07.00 BST atau sekitar pukul 13.00 WIB.

Sekitar 50 juta pemilih terdaftar akan memilih 650 anggota parlemen. Kali ini, untuk pertama kalinya, dilaporkan warga dapat mendaftarkan diri secara online.

Selain pemilihan umum parlemen, dilakukan juga serentak pemilihan untuk lebih dari 9.000 posisi anggota dewan untuk 279 kepala pemerintahan daerah. Pemilihan Walikota juga akan dilakukan untuk kota Bedford, Copeland, Leicester, Mansfield, Middlesbrough dan Torbay.

Ini berarti hampir semua pemberi suara di Inggris --kecuali di London yang tidak ada pemilihan kepala daerah-- akan diberikan setidaknya dua kertas suara di TPS.

"Sebagian warga sudah memberikan suaranya lewat pos - yang di Pemilu 2010 meliputi 15% suara; saat itu tingkat partisipasi pemilu mencapai 65%," demikian diberitakan BBC, Kamis (7/5/2015).

Sebagian TPS berlokasi sekolah-sekolah, pusat-pusat komunitas dan ruang paroki. Namun lokasi seperti pub, binatu dan bus sekolah juga akan digunakan.

Sejumlah kursi diperkirakan akan diumumkan pada tengah malam. Hasil akhir yang kira-kira sudah bisa diketahui hari Jumat 8 April sore waktu setempat.

TPS ditutup pada pukul 22.00 BST, namun pihak berwenang mengatakan bahwa semua pemilih yang mengantre pada jam tersebut dapat memberikan suara mereka. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini