Sukses

JK: Sudah Lama Makassar Tak Menang Adipura

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menginginkan kampung halamannya, Makassar, mendapatkan penghargaan Adipura.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menginginkan kampung halamannya, Makassar, mendapatkan penghargaan Adipura. Penghargaan tersebut diberikan bagi kota yang bersih dan mampu mengelola lingkungan perkotaan dengan baik.

"‎Hei Danny (Walikota Makassar Danny Pomanto), sudah lama Makassar tidak dapat Adipura? Itu sekitar Masjid Al-Markaz sudah kau bersihkan belum?" tanya JK, dalam teleconference dengan musyawarah perangkat desa (Muspida) Sulawesi Selatan, di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

"Terus dibersihkan. Gorong-gorong jug‎a, tuntutan Adipura," jawab Danny.

Dalam kesempatan ini, Danny menyampaikan di masa pemerintahannya, sudah diterbitkan 3.108 izin.

Atas hal tersebut, JK mengingatkan agar Danny tidak asal dalam memberikan izin. Bila izin membangun ruko atau pertokoan, maka wajah asli Makassar akan hilang.

"‎Harus dilihat juga, jangan semua dikasih. Bukan jumlah tapi kualitas izin juga harus baik. Jangan semua ruko semua. Nanti jadi kota ruko. Untuk kediaman ya izin kediaman, jangan sekitar rumah saya jadi ruko semua ya, Danny," titah JK.

JK juga menyempatkan bertanya soal moratorium hotel. Danny pun menjelaskan di Makassar sudah ditetapkan aturan tersebut sejak Januari 2015 lalu. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.