Sukses

Soal Sabda Raja, Sultan HB X Bertemu 6 Adiknya Sore Ini

Mereka yang dipanggil ke Yogyakarta adalah saudara Sultan dari pihak ibu Kanjeng Raden Ayu (KRA) Ciptamurti.

Liputan6.com, Yogyakarta - Raja Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X memanggil 7 adik-adiknya yang bermukim di Jakarta untuk menjelaskan perihal Sabda Raja.

Salah satu poin Sabda Raja ini mengubah gelar putri sulung Sultan sebagai pewaris tahta Keraton Yogyakarta.

Mereka yang dipanggil ke Yogyakarta adalah saudara Sultan dari pihak ibu Kanjeng Raden Ayu (KRA) Ciptamurti. Namun hanya ada 6 orang yang bisa menemui Sultan, Kamis (7/5/2015) ini. Sementara 1 lainnya, yakni Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Hadisuryo tidak bisa hadir karena sedang sakit.

"Kami sore nanti dipanggil Ngarso Dalem ke Keraton. Hanya kami berenam adik-adik yang dari Jakarta," kata GBPH Suryodiningrat di Yogyakarta.

"Pukul 16.30 WIB, tempatnya belum tahu, bisa di mana saja," imbuh dia.

Gusti Suryodiningrat mengatakan, keluarga dari Jakarta itu pada awalnya ingin bertemu dengan Sultan untuk meminta penjelasan terkait situasi di Keraton. Mulai dari Sabda Tama, Sabda Raja, hingga Dawuh Raja yang sudah digelar Sultan.  

Suryodiningrat bersama adik-adik Sultan lainnya yang berada di Jakarta tak hadir saat peristiwa itu terjadi. "Karena kami tidak tahu soal Sabda Raja. Karena itu kami dipanggil ke Keraton untuk mendapat penjelasan langsung dari Ngarso Dalem," ujar dia.

Gusti Suryodiningrat mengaku, dia dan saudara-saudaranya tak diberitahu maupun diundang secara resmi oleh Sultan saat pengumuman Sabda Tama, Sabda Raja, hingga Dawuh Raja. Dirinya pun hanya mendengar informasi tersebut dari GBPH Prabukusumo yang berada di Yogyakarta melalui saluran telepon.

"Kami dapatnya dari telepon dari Kang Mas di sini, itu beberapa jam sebelum Sabda Raja. Jadi kita tidak mungkin datang," tutur Suryodiningrat.

Sebelum bertemu sang kakak, adik-adik Sultan dari Jakarta ini telah menggelar pertemuan dengan saudara-saudara lain yang bermukim di Yogyakarta. Namun Suryodiningrat enggan membeberkan hasil pertemuan tersebut.

Dia mengaku, setelah bertemu Sultan, mereka akan kembali menggelar rapat keluarga. Barulah kemudian dia bakal menyatakan sikapnya.

6 Adik-adik Sultan yang bisa menghadiri undangan pertemuan terkait Sabda Raja dengan sang kakak hari ini, yakni GBPH Pakuningrat, GBPH Cokroningrat, GBPH Suryodiningrat, GBPH Suryomentaram, GBPH Hadinegoro, dan GBPH Suryonegoro. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.