Sukses

Puluhan Orang Sindikat Penipuan Online Internasional Ditangkap

Sindikat penipuan internasional melalui telepon satelit yang bermarkas di sebuah rumah mewah di Kemang digerebek polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Sindikat penipuan internasional melalui telepon satelit yang bermarkas di sebuah rumah mewah di Jalan Kenanga I Nomor 44 Kemang, Jakarta Selatan digerebek aparat satuan unit Kejahatan dengan Kekerasan (Jatanras) Polda Metro Jaya dini hari tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (7/5/2015), dalam pengerebekan tersebut salah satu tersangka ditemukan tewas mengenaskan setelah mencoba melarikan diri dengan cara melompat dari lantai 2.

Dalam penggerebekan, polisi juga menyita puluhan telepon jaringan satelit, modem, laptop, handphone, serta 1 alat cetak. Polisi juga mengamankan 33 warga negara Tiongkok yang 19 di antaranya perempuan.

"Awalnya kami mendapatkan informasi bahwa adanya trafficking maupun prostitusi online. Kita telusuri, kemudian kita kumpulkan saksi-saksi kita ke TKP, kemudian tadi saya ulangi jam 22.00 kita bisa masuk ke rumah ini, ternyata di sini sedang melakukan aktivitas berupa penipuan berupa cyber crime," ucap Kasat Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Heri Heriawan, Kamis dini hari.

Berdasarkan informasi dari dari Interpol Negara Tiongkok, mereka yang tertangkap merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait kasus penipuan.

Untuk pemeriksaan selanjutnya, polisi akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Indonesia untuk mendeportasi seluruh tersangka. (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.