Sukses

Menteri Puan: Pemerintah Siap Gelar Sail Tomini 2015 di Sulteng

Acara Sail Tomini dan Festival Boalemo sejalan dengan program pembangunan nasional dari pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan festival laut dan pelayaran Sail Tomini dan Festival Boalemo di Provinsi Sulawesi Tengah memberikan dampak positif bagi daerah dalam percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah tertinggal.

Karena itu, pemerintah pusat mendukung dan menggalang peran sejumlah kementerian dan lembaga untuk membantu panitia dan pemerintah daerah menyukseskan pelaksanaan Sail Tomini dan Festival Boalemo yang digelar bulan September 2015.

"Penyelenggaraan Sail merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan penguatan strategi pembangunan kelautan dan maritim untuk bersama-sama secara sinergis membangun Indonesia sebagai negara maritim yang maju dan mandiri," kata Puan saat meresmikan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Acara peresmian Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 yang dibuka Puan dihadiri Menteri Kelautanan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Dalam sambutannya, Puan mengatakan, acara Sail Tomini dan Festival Boalemo sejalan dengan program pembangunan nasional dari pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Yaitu sekaligus memperkuat jati diri Indonesia sebagai negara maritim.

"Penguatan tersebut tidak hanya dalam dimensi menjaga kedaulatan dan integritas wilayah NKRI akan tetapi juga melakukan penguatan atas strategi pembangunan kelautan dan maritim yang diarahkan untuk dapat menguasai dan mengelola sumber daya kelautan dan maritim bagi kesejahteraan rakyat," ujar Puan.

Salah satu bentuk komitmen pemerintah pusat mendukung acara ini antara lain Presiden Jokowi telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2014. Selain itu, rapat koordinasi antarkementerian dan lembaga juga terus digelar untuk menyiapkan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015.

Di samping itu, acara ini patut didukung karena bagian dari upaya kebijakan dan program pemerintah yang difokuskan pada upaya percepatan peningkatan produksi perikanan, pengembangan energi dan mineral kelautan, pengembangan kawasan wisata bahari, dan kemampuan industri maritim dan perkapalan.

"Prioritas khusus akan diberikan pada peningkatan fungsi dan peran perhubungan laut untuk mewujudkan poros maritim dunia," ujar Puan.

Rangkaian penyelenggaraan Sail Tomini 2015 akan digelar mulai saat peluncurannya hari ini hingga acara puncak Sail Tomini, yang rencananya  berlangsung pada 19 September 2015 di Pantai Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kabupaten Parigi Mountong, Provinsi Sulawesi Tengah. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.