Sukses

Jokowi Resmikan Kampus Milik Pelindo Pagi Ini

"Melalui IPC Corporate University, inilah bentuk dukungan kami kepada pemerintah yang memiliki perhatian khusus dibidang kemaritiman."

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan meresmikan IPC Corporate University yang digelar di kampus yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Dirut PT Pelabuhan Indonesia atau Indonesia Port Corporation (IPC) RJ Lino menjelaskan, universitas itu merupakan salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II yang didirikan pada tahun 2013.

Menurut Lino, kampus tersebut bertujuan menjadi pusat pengetahuan kepelabuhan, maritim dan logistik.

"Sejak disahkan, IPC Corporate University telah menyelenggarakan berbagai program pelatihan dengan mengusung visi sebagai center of excellence dibidang kepelabuhan. Beberapa program unggulan ‎yang berorientasi pada bidang container terminal, non container terminal, marine service dan logistik," kata Lino dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/5/2015).

Lino berharap, keberadaan kampus tersebut dapat mendukung berbagai program pemerintah khususnya dalam bidang industri kemaritiman dan kelautan.

"Kami berterimakasih pada semua pihak yang telah mendukung proses pembangunan kampus ini hingga proses peresmian hari ini. Kami harap IPC University dapat memberikan dampak positif dan signifikan pada kinerja operasional pelabuhan di Indonesia," ucap dia.

Ia pun menilai, saat ini pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi semakin giat melakukan pembangunan pelabuhan di berbagai kota di Indonesia. Pembangunan Pelabuhan dan berbagai infrastruktur kemaritiman itu menurutnya, harus dibarengi dengan pemenuhan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional.

"Melalui IPC Corporate University, inilah bentuk dukungan kami kepada pemerintah yang memiliki perhatian khusus dibidang kemaritiman," ucapnya.

Ia menargetkan, setelah diresmikan IPC Corporate University ‎dapat langsung menyediakan berbagai program dan fasilitas dengan level setaraf lembaga pelatihan dan pendidikan kemaritiman lainnya di dunia.

"Di kemudian hari, semoga ini tidak hanya dapat dimanfaatkan bagi karyawan IPC. Tapi juga terbuka bagi Pelindo I, III, IV serta instansi atau masyarakat umum," tutur Lino.

Selain dihadiri oleh Jokowi, peresmian kampus di wilayah Gadog mengarah ke kawasan Puncak yang rencananya akan dimulai pada pukul 09.00 WIB, juga akan dihadiri oleh beberapa menteri di Kabinet Kerja. Seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perekonomian Sofjan Djalil dan beberapa menteri dibidang ekonomi lainnya.

Selain itu hadir pula Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, perwakilan dari Pelabuhan I, III dan IV, perusahaan bongkar muat l, Shipping L‎ines serta asosiasi-asosiasi yang berhubungan dengan layanan kepelabuhan. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.