Sukses

Semangat Nenek 73 Tahun Libas Soal UN Bahasa Indonesia

Nenek Karlina hanya mengenyam bangku sekolah dasar dan lulus pada tahun 1956.

Liputan6.com, Bogor - Usia senja bukan halangan bagi Karlina Suhandi untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) Paket B setara SMP. Nenek berusia 73 tahun ini semangat mengikuti UN paket B atas keinginan sendiri.

Warga Kelurahan Lebak Pasar Kecamatan Bogor Tengah itu mengerjakan soal-soal ujian tanpa menggunakan kacamata. Penuh konsentrasi. Semua soal-soal pelajaran Bahasa Indonesia yang diuji pada hari pertama ini dilibasnya.

"Saya ikut ujian ini atas kemauan saya sendiri. Tujuannya, ingin nambah wawasan saja. Sejak kecil saya memang suka belajar," kata nenek satu anak ini usai menjalani ujian di SD Bondongan 2, Senin (4/5/2015).

Karlina menuturkan, mengikuti ujian kejar Paket B memang untuk kepuasan diri sendiri. Di samping itu, ia masih suka belajar dan menimba ilmu.

Ia mengambil ujian Paket B, karena semasa hidupnya hanya merasakan bangku sekolah dasar (SD) dan lulus pada tahun 1956.

Ia tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya karena masalah biaya. Namun, kesempatan untuk mendapatkan ijazah setara SMP kali ini tidak ia lewatkan sia-sia.

Selama ini Karlina belajar di Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Putra Mandiri dengan dibimbing oleh beberapa guru. Sebelum menghadapi ujian, ia juga melakukan persiapan matang.

"Tadi pas ujian nggak ada kendala. Soalnya saya juga sudah belajar. Selama ini keluarga mendukung. Saya berharap saya bisa sukses ujiannya," harap dia.

Guru pendamping Karlina, Hidayat mengaku sangat kagum dengan semangat Karlina yang masih ingin belajar. "Dia semangatnya tinggi. Setiap saya tanya alasannya pasti selalu dijawab ingin menambah wawasan," ujar Hidayat.

Hidayat menuturkan, selama ini, proses belajar-mengajar memang cukup lancar. Hanya butuh sedikit kesabaran agar materi yang diajarkan bisa tersampaikan dengan baik. Sudah hampir 1 tahun Nenek Karlinda belajar.

Ia berharap, Karlina bisa lulus Ujian Nasional. Semoga, semangat yang ditunjukkan Karlina menimba ilmu bisa dicontoh generasi muda. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.