Sukses

Rusia Pastikan Kim Jong-un Batal Kunjungi Moskow

"Kim Jong-Un tidak akan datang ke Moskow," ujar pernyataan resmi Kremlin

Liputan6.com, Moskow - Beberapa waktu belakangan santer terdengar Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong-un akan melakukan kunjungan pertamanya ke luar negeri. Negara yang 'beruntung' jadi tempat persinggahan Jong-Un di luar Korut adalah Rusia.

Namun, rencana lawatan Kim Jong-un ke Negeri Beruang Merah dipastikan batal. Absennya pemimpin kontroversial tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Otoritas Rusia.

"Kim Jong-un tidak akan datang ke Moskow," ujar pernyataan resmi Kremlin seperti dikutip dari Reuters, Senin (4/5/2015).

Putra dari Kim Jong-Il ini sebelumnya dikabarkan akan melawat ke Rusia dalam rangka, menghadiri perayaan ke-70 berakhirnya perang dunia ke-2.

Walau Kim Jong-un tak hadir dalam acara besar ini, Korut tak sepenuhnya absen. Kehadiran Kim Jong-un di Moskow akan diwakilkan oleh Ketua Presidium Majelis Rakyat Agung Korea Utara Kim Yong-Nam.

Selain Kim Jong-un, peringatan berakhirnya perang dunia II di Rusia juga dihadiri beberapa pemimpin negara lain. Termasuk Presiden China Xi Jinping.

Isu bahwa Kim Jong-un melakukan lawatan kenegaraan di luar Korut bukan pertama kalinya beredar. Pada awal 2015, Kim Jong-un dikabarkan datang ke Tanah Air untuk menghadiri Konferensi Asia-Afrika pada 19-24 April 2015.

Namun kabar tersebut tidak terbukti kebenarannya. Ketika KAA, Delegasi Korut datang ke Jakarta dan Bandung dipimpin oleh Kim Yong-Nam. (Ger/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.