Sukses

Menag Lukman Sidak UN di Madrasah

"Kami ingin memastikan siswa madrasah mampu mengikuti UN dengan nyaman dan juga tanpa halangan yang berarti."

Liputan6.com, Tangerang Selatan Demi memastikan Ujian Nasional (UN) berjalan lancar, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin inspeksi mendadak (sidak) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten.

Lukman didampingi Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan dan sejumlah pejabat lainnya langsung menuju kelas yang menjadi lokasi UN ratusan siswa di sekolah tersebut. Dia memantau kelayakan kelas, fasilitas yang didapat, dan juga kenyamanan yang didapat siswa.

"Kami ingin memastikan siswa madrasah mampu mengikuti UN dengan nyaman dan juga tanpa halangan yang berarti," kata Lukman, Senin (4/5/2015).

Menurut dia, Kementerian Agama akan fokus pada pelaksanaan UN di tingkat madrasah aliyah ataupun tsanawiyah di seluruh Indonesia. Sehingga pada saat lulus dan akan menempuh jenjang pendidikan, akan mampu bersaing dengan jenjang pendidikan umum.

"Sampai pelaksanaan selesai, kami akan terus memantau pelaksanaan UN ini," ujar Lukman.

Untuk tahun ini, tutur Lukman, ada 996.428 siswa madrasah tsanawiyah se-Indonesia yang mengikuti UN. Hanya 1 sekolah yang memakai sistem computer base test (CBT), yakni MTs Negeri 2 Kediri Jawa Tengah.

"Bukan berarti yang tidak pakai CBT ini bukan sekolah unggul atau sebaliknya, kami terus prioritaskan dan kembangkan agar seluruh madrasah aliyah ataupun tsanawiyah bisa menggunakan CBT ini," ucap Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini