Sukses

Jokowi Serahkan 6 Ribu KIS di Klaten dan Sleman

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Klaten - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sleman, Jawa Tengah, Senin (4/5/2015). Mereka yang mendapat KIS adalah para Penerima Bantuan Iuran (PBI).

"Untuk tahun 2015 ini, secara simbolis, ini merupakan pertama kali penyerahan KIS oleh presiden kepada Penerima Bantuan Iuran," kata Kepala Departemen Humas BPJS Irfan Humaidi di SD 2 Temuwangi, Klaten.

Dia menjelaskan, total KIS yang akan dibagikan kepada PBI sebanyak 6 ribuan kartu. Rinciannya, 1.646 untuk peserta PBI di Klaten dan 4.414 untuk peserta PBI di Sleman.

"Melalui kehadiran KIS, masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara komprehensif di fasilitas kesehatan yang bekerjasama, dengan ketentuan mengikuti mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis," kata Irfan.

Secara keseluruhan, tambah dia, KIS diterbitkan BPJS Kesehatan dan jenis kepesertaannya terbagi menjadi 2 kelompok.

Pertama, kelompok masyarakat yang wajib mendaftar dan membayar iuran, baik membayar sendiri atau mandiri ataupun berkontribusi bersama pemberi kerjanya yakni segmen buruh atau pekerja. Kedua, kelompok masyarakat miskin dan tidak mampu yang didaftarkan oleh pemerintah dan iurannya dibayari oleh pemerintah yakni segmen penerima bantuan iuran atau PBI.

"Untuk KIS segmen PBI, peluncuran perdananya telah dilakukan Presiden bersamaan dengan peluncuran perdana Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), pada tanggal 3 November 2014," Jelas dia.

KIS yang terintegrasi bersama Program Keluarga Sejahtera dan Program Indonesia Pintar, tambah Irfan, saat ini telah terdistribusikan sebanyak lebih dari 4 juta kartu. "Atau tepatnya 4.426.010 kartu kepada peserta PBI di 18 kabupaten/kota di seluruh Indonesia."

Di tahun 2015, sesuai Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014, BPJS Kesehatan bersama Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan, melanjutkan penerbitan dan pendistribusian hampir 82 juta Kartu.

"Atau tepatnya 81.973.990 Kartu Indonesia Sehat untuk segmen peserta PBI. Pada Mei 2015, sebanyak 82 juta KIS PBI mulai didistribusikan secara bertahap," beber Irfan. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.