Sukses

Anies Baswedan Mengaku Ikut "Bergerak" Saat Novel Ditangkap

Anies Baswedan mengaku terus berupaya memantau situasi terkini dengan melakukan upaya komunikasi dengan pihak-pihak lain.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan ditangkap penyidik Bareskrim Polri atas dugaan kasus lama yang dibuka kembali. Penangkapan Novel membuat kakak sepupunya Anies Baswedan tidak tinggal diam.

Anies yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, walau terlihat tidak melakukan pergerakan mengupayakan pembebasan saudaranya, ia mengaku terus berupaya memantau situasi terkini dengan melakukan upaya komunikasi dengan pihak-pihak lain.

"‎Saya kerjakan, tapi tidak dalam keterbukaan. Saya kerja dalam sunyi. Kalau Anda tanya, saya komunikasi dengan banyak pihak‎," ujar Anies di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (2/5/2015).

Lalu dengan siapa saja Anies berkomunikasi? Cucu dari pejuang kemerdekaan AR Baswedan itu pun tak mau menyebutkan. Namun demikian, ia meyakinkan dirinya tidak diam saat Novel ditangkap oleh polisi. "Saya kerja dalam sunyi," ucap dia.

Saat ditanya mengapa dirinya saat ini tidak lagi vokal saat KPK tengah dirundung banyak masalah, Anies yang saat masih menjabat sebagai Rektor Paramadina bergabung dengan para aktivis dalam gerakan #SaveKPK itu mengakui dirinya sudah tidak bisa lagi berteriak lantang.

Jabatannya sebagai menteri di Kabinet kerja menurutnya membuat dirinya harus fokus bekerja di pemerintahan. "Waktu itu saya sebagai civil society, bisa datang ke mana saja, sekarang saya bawa institusi," kata Anies.

Penyidik KPK Novel Baswedan ditangkap Bareskrim Polri, Jumat 1 Mei dini hari. Ia ditangkap terkait kasus dugaan penganiayaan hingga menyebabkan korban jiwa saat menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Kota Bengkulu pada 2004. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini