Sukses

Gardu Induk Rusak, 5 Daerah di Banten Sempat Gelap Gulita

Daerah yang mengalami pemadaman adalah Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon dan Tangerang.

Liputan6.com, Serang - Sebagian besar kabupaten dan kota di Provinsi Banten mengalami pemadaman listrik dari PLN karena rusaknya sejumlah Gardu Induk (GI).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, kota dan kabupaten di Banten yang mengalami pemadaman adalah Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon dan wilayah Tangerang mengalami pemadaman listrik dari PLN sejak Sabtu (2/5/2015) sekitar pukul 18.00 WIB.

Sebagian wilayah di Provinsi Banten mati lampu karena meledaknya gardu induk (GI) PLN. Paling tidak tercatat GI Rangkas Bitung, GI Serang, GI Cikande, GI Puncak Ardimulya, dan GI Bunar mengalami kerusakan.

"Ada gangguan di Gardu Induk Serang. Over blast atau kelebihan beban," kata salah satu pegawai PLN Banten Selatan, Dian, Sabtu (2/5/2015).

Bahkan, karena pemadaman listrik tersebut, arus lalu lintas di Kota Serang sempat kacau sebelum pihak kepolisian datang mengatur arus lalu lintas.

"Info pukul 18.11 WIB, PHT CLGON-SRANG 1 trip beban. Padam: GI Rangkas bitung Trafo-1, GI Serang Trafo-2,3,4. GI Cikande Trafo-2,3. GI Puncak Ardimulya Trafo-2. GI Bunar Trafo-1. Info lain menyusul," ucap salah seorang staf PLN Banten, Ardian, Sabtu 2 Mei 2015.

Terkait padamnya listrik di sejumlah wilayah Provinsi Banten ini, pihak PLN mengaku belum mengetahui penyebab pastinya. PLN masih melakukan investigasi lebih lanjut. Sejauh ini belum diketahui harus berapa lama lagi masyarakat di Banten merasakan kegelapan tersebut.

"Karena gangguan (pemadaman listrik), saat ini sedang diinvestigasi penyebabnya," pungkas Ardian.

Adapun pantauan Liputan6.com, hingga pukul 22.00 WIB, listrik di beberapa wilayah, termasuk di Kota Serang, sudah menyala kembali. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.