Sukses

Cek Pengalihan Rute TransJakarta Saat May Day

Layanan Transjakarta pada May Day mengikuti kondisi di lajur secara situasional.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI dan PT Transportasi Jakarta akan melakukan rekayasa pengoperasian rute Bus Transjakarta pada saat berlangsungnya Hari Buruh, hari Jumat ini.

"Tahapan yang akan dilakukan yaitu perlambatan, pengalihan jalur, perpendekan rute hingga stop operasional mengikuti kondisi lajur layanan di masing-masing koridor," ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Steve Kosasih dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (1/5/2015).

Beberapa koridor yang terkena dampak dari aksi long march para buruh yaitu Koridor 1 Blok M-Kota, Koridor 2 Pulo Gadung-Harmoni, Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit, Layanan BKTB PIK-Monas, Rute Ragunan-Monas dan Rute PGC-Grogol.

"Layanan Transjakarta pada May Day mengikuti kondisi di lajur secara situasional," ucap Kosasih.

Berikut rekayasa yang akan dilakukan Transjakarta terhadap layanan yang bersinggungan dengan aksi May Day:

1. Layanan Koridor 1 akan mengalami perlambatan yang dilakukan secara situasional oleh polisi. Bila massa terus bertambah, maka dilakukan perpendekan layanan menjadi Kota-Harmoni dan layanan dari Blok M-Monas ditutup sementara mengikuti perkembangan lajur jalan.

2. Rute Ragunan-Monas menjadi Rute Ragunan-Dukuh Atas namun dilakukan secara situasional.

3. Layanan Koridor 2 Pulo Gadung-Harmoni. Dari Pulo Gadung-Harmoni layanan normal. Sementara dari Harmoni menuju Pulo Gadung dilakukan pengalihan dengan rute sebagai berikut dari Harmoni-kiri-Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pejambon-Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Patung Tani-masuk halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulo Gadung. Pengalihan bersifat situasional mengikuti kondisi lalu lintas.

4. Layanan BKTB hanya melayani dari PIK hingga Harmoni.

5. Layanan koridor 9 kemungkinan mengalami pengalihan, yakni dari Pinang Ranti menuju Pluit melalui Gerbang Tol Cawang dan keluar di Gerbang Tol Slipi. Untuk halte yang tidak dilayani yaitu halte Cikoko Stasiun Cawang, halte Tebet BPKM, halte Pancoran Tugu, halte Pancoran Barat, halte Tegal Parang, halte Kuningan Barat, halte Gatsu Jamsostek, halte Gatsu LIPI, halte Semanggi, halte Senayan JCC dan halte Slipi Petamburan.

6. Rute PGC-Grogol melalui Gerbang Tol Cawang keluar di Gerbang Tol Slipi. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • May Day atau Hari Mei atau dikenal Hari Buruh Internasional.

    May Day

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta