Sukses

Antisipasi Terkendala May Day, Distribusi Soal UN SMP Dipercepat

Pendistribusian soal UN dilakukan sejak Kamis untuk mengantisipasi adanya kendala dalam penyebaran soal ke rayon masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Soal Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP Kamis kemarin mulai di distribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Pengamanan ketat dari polisi pun dilakukan. Sementara di Bogor, distribusi soal UN tingkat SMP diwarnai keterlambatan selama 4 jam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi, Jumat (1/5/2015), pendistribusian soal UN di Kota Bogor dilakukan sejak hari Kamis untuk mengantisipasi adanya kendala dalam penyebaran soal ke rayon masing-masing. Soal-soal ujian ini langsung disortir oleh petugas untuk selanjutnya dibagi berdasarkan 3 rayon yang ada di Kota Bogor. UN tingkat SMP di Kota Bogor ini diikuti oleh 18.774 siswa yang terdiri dari 4 mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Di Majalengka, Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka menerima kiriman soal Ujian Nasional dari Provinsi Jawa Barat. Demi keamanan, pengiriman soal UN yang menggunakan mobil paket Damri tersebut mendapat pengawalan ketat polisi.

Soal yang diterima langsung disortir dan disimpan sebelum didistribusikan ke sekolah-sekolah. Di Majalengka sendiri ada sekitar 21. 110 peserta setingkat SMP yang akan mengikuti UN. Mereka tersebar di 80 sekolah tingkat SMP, 70 sekolah MTS dan 22 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) paket B.

Di Palembang, Sumatera Selatan, seluruh soal UN tingkat SMP sudah diterima Dinas Pendidikan Kota Palembang dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan sejak Kamis kemarin. Kemudian langsung diserahkan kepada 26 rayon sekolah penyelenggara Ujian Nasional tingkat SMP, MTS maupun penyelenggara ujian paket B.

Kota Palembang merupakan satu dari 17 kota dan kabupaten yang paling cepat menerima kiriman soal UN SMP dari Dinas Pendidikan Sumatera Selatan (Sumsel). Panitia UN SMP Palembang menjamin tidak akan ada kebocoran soal UN karena dikawal ketat masing-masing oleh 4 personil polisi yang akan menjaga selama UN di tiap rayon.

Namun, jika dalam penyelenggaraan UN SMP ini ada masalah, dapat ditelepon kepada Ketua Panitia UN SMP Palembang di nomor 08237429777.

Pendistribusian ke sekolah-sekolah sendiri rencananya akan dilakukan hari Sabtu esok. Pengiriman soal dari provinsi ini dipercepat karena dikhawatirkan akan ada hambatan di jalan karena adanya peringatan Hari Buruh pada Jumat ini. (Nda/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.