Sukses

Ahok Yakin Haji Lulung Ungkap Kasus Korupsi UPS

Haji Lulung kini tengah menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Bareskrim Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Ahok meyakini Wakil Ketua DPRD Abraham Lunggana atau Haji Lulung akan mengungkap kasus dugaan korupsi pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) pada APBD Perubahan DKI 2014. Haji Lulung kini tengah menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Bareskrim Polri.

"Saya kira Pak Haji Lulung pasti senang lah untuk buka (kasus UPS) ini semua supaya jadi terang benderang," kata Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu di Balailkota DKI Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Keyakinan Ahok bahwa Haji Lulung akan membongkar kasus tersebut karena ada kesepakatan antara Pemprov dengan DPRD DKI untuk mengungkap kasus yang merugikan negara sebesar Rp 50 miliar itu. Keterangan Lulung yang diberikan kepada polisi diharapkan dapat mengungkap siapa pelaku lainnya.

"Ya karen itu kan memang kesepakatan kita dengan DPRD. DPRD dan saya sepakat ingin ungkap (kasus) ini seluas-luasnya. Jadi ketahuan siapa yang main. Kita nggak tahu kan oknum SKPD apa oknum DPRD," ucap mantan Bupati Belitung Timur itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung memenuhi panggilan penyidik Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri. Ia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan UPS di 25 sekolah di DKI Jakarta Tahun Anggaran 2014.

Lulung yang mengenakan batik cokelat dan celana bahan hitam itu datang dengan 2 kuasa hukumnya. Ia tiba di Bareskrim sekitar pukul 10.00 WIB. Saat tiba Lulung masih enggan berkomentar.

Salah satu kuasa hukumnya, Ramdhan Alamsyah mengatakan, Lulung ingin kooperatif dengan penyidik dan memenuhi komitmennya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.