Sukses

Ketua DPC Demokrat yang Dipecat Deklarasi Penyelamatan Partai

Deklarasi penyelamatan partai ini sesuai perintah Ketua Umum Partai Demokrat SBY pada saat Kongres Luar Biasa di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Para Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat yang telah dicopot dari jabatannya dan digantikan pelaksana tugas (Plt) berkumpul di Jakarta. Mereka mendeklarasikan penyelamatan partai.

Mantan Ketua DPC Surabaya Dadik Risdariyanto mengatakan, deklarasi hari ini didukung 161 Ketua DPC yang mengalami nasib sama.

"Kami ini didukung 161 para Ketua DPC yang telah di-Pltkan. Hal ini (deklarasi) akan kita lakukan agar Partai Demokrat tetap bersatu dan jaya," ujar Dadik di Hotel Atlet Century, Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Mantan Ketua DPC Kepulauan Talaut Alex Riung menegaskan, akan memperjuangan penyelamatan partai hingga ke Surabaya, Jawa Timur tempat Kongres Demokrat digelar.

Mantan Ketua DPC Salatiga Iwan menambahkan, deklarasi penyelamatan partai ini sesuai perintah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pada saat Kongres Luar Biasa di Bali pada 2013, yaitu jangan hanya bergantung pada sosok SBY.

"Melalui forum ini kami mendeklarasikan kausus penyelamat Partai Demokat yang terdiri dari arus bawah kader Demokrat yang selama ini berjuang bersama partai," tegas Iwan.

Berikut pernyataan mereka:

1. Kaukus ini adalah aliansi akal sehat dan hati nurani yang bersih, cerdas, dan santun, yang menginginkan demokrasi menjadi satu-satunya aturan main yang dijunjung tinggi. Partai ini hanya bisa diselamatkan oleh penegakan sistem demokratis, bukan oleh figur yang fana.

2. Kami mengimbau dan mengajak seluruh patriot demokrasi di Partai Demokrat untuk bersama-sama menjaga dan merawat tumbuh kembangnya demokrasi internal dan sistem kelembagaan partai.

3. Kami mengimbau dan mengajak seluruh patriot demokrasi di Partai Demokrat untuk mengawasi partai dari pembajakan sekelompok elite demi keuntungan mereka sendiri.

4. Dalam konges Partai Demokrat di Surabaya, Kami mengimbau dan mengajak seluruh ketua DPC se Indonesia yang telah di Plt secara sewenang-wenang untuk datang memperjuangkan kebenaran dan keadilan atas dasar konstitusi partai, seta bertekad memperjuangkan pemberlakukan demokrasi sepenuh-penuhnya di arena kongres. Kita tidak boleh membiarkan kongres ini produknya menjadi ilegal karena ada puluhan bahkan ratusan suara Plt yang ilegal.

5. Kami mengimbau dan mengajak seluruh pimpinan DPC dan DPD se Indonesia tanpa terkecuali, agar momentum kongres Partai Demokrat menjadi ajang refleksi atas perjalanan partai kita serta untuk menumbuhkan kembali kebersamaan dan kesetaraan yang telah tercederai.

(Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini