Sukses

Distribusi Soal UN SMP Sudah Sampai di Tingkat Kabupaten dan Kota

Soal UN tingakt SMP akan disimpan di Kantor Polres hingga Sabtu depan sebelum akhirnya didistribusikan ke sejumlah Polsek terdekat.

Liputan6.com, Surabaya - Demi kelancaran persiapan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan sederajat, distribusi soal sudah dilaksanakan di sejumlah daerah dengan pengawalan ketat polisi. Di Surabaya, Jawa Timur, soal ujian sudah tiba di Polrestabes Surabaya, Rabu 29 April kemarin.
 
Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (30/4/2015), selanjutnya setelah dipilah sesuai dengan subrayon sekolah, soal ujian akan dikirim ke seluruh polsek terdekat.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan mengatakan, naskah UN akan disimpan di Mapolresta Surabaya hingga Sabtu 2 Mei mendatang sebelum akhirnya didisribusikan ke sejumlah Mapolsek di Kota Surabaya.

"Untuk Kota Surabaya, kita mengambil naskah di percetakan kemudian disimpan di Aula Mapolrestabes Surabaya. Nanti di H-2 kita akan mengecek langsung jumlah soal, mata pelajaran, dan sekolah-sekolah kemudian didistribusikan ke polsek-polsek terdekat," ujar Ikhsan.

Sementara itu, Wakasat Binmas Polrestabes Surabaya Kompol Mujito menyatakan pihaknya melakukan pengawasan ketat terhadap berkas-berkas UN tersebut. Bahkan dilakukan penjagaan selama 24 jam penuh hingga tiba waktu pendistribusian ke tingkat rayon.

"Dalam penyimpanan (soal UN) di sini kita akan menjaganya selama 24 jam hingga hari Sabtu. Sabtu nanti soal akan didistribusikan ke masing-masing rayon dan di simpan di Mapolsek yang ada di rayon tersebut," terang Mujito.
 
Distribusi soal UN tingkat SMP juga sudah dilakukan diberbagai daerah di Sumatera Utara. Di Kabupaten Padang Lawas Utara, berkas ujian tiba dan disimpan di Kantor Dinas Pendidikan setempat sebelum nantinya didistribusikan ke berbagai rayon.

UN tingkat SMP dan sederajat ini akan dilangsungkan Senin 4 Mei 2015 mendatang. Para siswa diimbau untuk belajar dengan giat dan tidak tertipu dengan informasi menyesatkan seperti peredaran kunci jawaban. (Nfs/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.