Sukses

Guguran Awan Panas Gunung Sinabung Bakar 14 Rumah

Guguran awan panas terjadi sejak Selasa 28 April hingga hari ini, Rabu (29/04/2015).

Liputan6.com, Medan - Guguran awan panas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali terjadi sehingga menyebabkan sedikitnya 14 rumah yang terletak di Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, yang hanya berjarak 5 kilometer terbakar.

Guguran awan panas terjadi sejak Selasa 28 April hingga hari ini, Rabu (29/04/2015).

Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Karo, Susanto, mengatakan tidak ada upaya penyelamatan karena tidak ada seorang pun yang berani masuk ke daerah tersebut.

‪"Ada 14 rumah yang terbakar, 4 rumah merupakan rumah adat. Kami tidak berani memadamkan api karena tidak ada yang berani masuk ke daerah itu. Beruntung tadi siang api sudah padam," ucap Susanto.

Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sebab para pengungsi Gunung Sinabung yang bermukim di Desa Gurukinayan masih bertahan di luar kampung.

"Para pengungsi masih bertahan di luar kampung karena belum berani pulang," terang Susanto.

Gunung Sinabung terakhir meletus pada 3 Januari 2015. Saat itu, Gunung yang terletak di tanah Karo ini memuntahkan isinya dengan tinggi semburan mencapai 3 kilometer.

Letusan disertai awan panas yang menuju bagian selatan. Letusan terjadi pukul 08.33 WIB hingga 09.19 WIB dan lebih besar dari letusan sebelumnya. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini