Sukses

Kapolda Jabar Pastikan Buruh Tak Blokir Tol Saat May Day

Polda Jawa Barat akan menerjunkan 15.250 personel untuk mengamankan May Day.

Liputan6.com, Bandung - Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Mochamad Iriawan menyatakan tidak ada pemblokiran jalan tol yang dilakukan para buruh saat memperingati May Day atau hari buruh pada 1 Mei 2015. Hal itu dipastikan setelah Iriawan berkomunikasi dengan para ketua serikat buruh di wilayah Jawa Barat.

"Insya Allah enggak ada (aksi blokir). Tidak boleh lah menutup tol," katanya saat ditemui di Mapolda Jabar, Rabu (29/4/2015).

Namun bila nanti terjadi aksi anarkis termasuk pemblokiran jalan tol yang dilakukan para buruh, dirinya menegaskan akan menindak dan melakukan upaya hukum.

"Kalau ada misalnya (pemblokiran tol) tentu kita akan melakukan tindakan tegas dan langkah-langkah penegakan hukum," tegas Iriawan.

Ia mengimbau agar para buruh bisa menjaga situas kondusif saat merayakan May Day dengan kegiatan-kegiatan positif. "Tentu saja hari ulang tahun buruh itu harus dirayakan suka cita dan bergembira ria. Baik itu kegiatan panggung hiburan, jalan santai dan sebagainya," ujar dia.

15 Ribu Personel

Iriawan mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 15.250 personel untuk mengamankan May Day. Pengamanan akan dipusatkan di beberapa titik yang menjadi basis buruh yang kuat karena banyak serikat buruh yang akan berangkat ke Jakarta.

"Kita turunkan 15 ribu personel dan kami sudah melakukan komunikasi dengan para ketua serkat buruh," kata dia.

Selain itu, dalam pengamanan kali ini, Iriawan menegaskan pihaknya akan melakukan pengamanan ketat. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak ada satupun polisi di jajaran Polda Jabar yang libur.

"Kita siap mengamankan. Tidak ada polisi yang libur. Kami juga akan fasilitasi (para buruh) yang akan berangkat nanti. Tapi kami imbau jangan terlalau banyak, menghindari kepadatan lalu lintas."

Dirinya berharap peringatan May Day tahun ini bisa berjalan baik seperti tahun-tahun sebelumnya dan bahkan lebih baik. "Tahun kemarin sudah baik, tahun ini harus bisa lebih baik lagi, mari kita rayakan May Day dengan hal positif," tutup Iriawan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini