Sukses

Nepal Diguncang Gempa Susulan 6,7 SR

Liputan6.com, Kathmandu - Setelah diguncang gempa 7,9 SR, Nepal kembali dihantam gempa susulan. Getarannya membuat warga setempat panik dan menambah trauma.

US Geological Survey (USGS) menyatakan, gempa susulan tersebut berkekuatan 6,7 SR. Pusat gempa terletak lebih dekat ke Everest, 40 km sebelah timur pada kedalaman 6,2 kilometer.

"Orang-orang berjalan dan semuanya gemetar. Ini benar-benar gemetar, sangat keras dan kuat," kata anggota staf dari kelompok bantuan Catholic Relief Services Kushal Neogy di Kathmandu, ibukota Nepal, yang dikutip dari CNN, Minggu (26/4/2015)

Dia menambahkan, situasi saat itu begitu menegangkan. Suara sirene meraung-raung dan debu naik ke udara.

Nepal diguncang gempa hebat pada Sabtu 25 April 2015. Setidaknya 2.000 jiwa melayang dalam peristiwa tersebut. Pusat gempa terletak sekitar 50 km sebelah barat laut dari Kathmandu, pada kedalaman 9,3 kilometer, yang dianggap dangkal.

Seperti banyak daerah lain di Nepal, Kathmandu mengalami kehancuran akibat bencana tersebut. Jalan-jalan tertutup oleh reruntuhan bangunan. Warga setempat bersama tim evakuasi terus mencari korban di antara puing-puing bangunan yang roboh.

Saat mereka menemukan korban yang masih hidup dari puing-puing bangunan, sorak-sorai pun menggema. Namun kebanyakan tubuh yang muncul dari reruntuhan itu dalam kondisi terluka dan langsung dibawa ke rumah sakit. Di tempat tersebut, banyak orang berkumpul mencari kerabatnya.

Korban tewas di Nepal hingga kini menembus 1.958 jiwa. Pejabat Departemen Dalam Negeri Nepal Laxmi Prasad Dhakal memperkirakan jumlah korban tewas akan terus meningkat. Sementara lebih dari 4.600 orang terluka.  (Ali/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini