Sukses

Jokowi: Indonesia Siap Bantu Nepal

Pemerintah Indonesia menyatakan siap membantu Nepal yang mengalami bencana gempa bumi berkekuatan besar dan menelan banyak korban jiwa.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menyatakan siap membantu Nepal yang mengalami bencana gempa bumi berkekuatan besar dan menelan banyak korban jiwa.

"Saya baru sampaikan ke menteri-menteri, tapi Indonesia siap membantu," kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelum naik pesawat untuk kunjungan kerja ke Malaysia di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (26/4/2015).

Namun begitu, Jokowi belum dapat menyebutkan bentuk bantuan apa yang akan diberikan kepada warga dan Pemerintah Nepal. "Sedang disiapkan, diproses, jangan tergesa-gesa," kata Presiden.

Gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang Nepal pada Sabtu siang, 25 April 2015, saat jam sibuk kerja.

Banyak korban terjebak dalam reruntuhan bangunan yang ambruk setelah gempa bumi yang menghancurkan lembah Kathmandu yang padat penduduk.

Gempa yang berpusat sekitar 80 kilometer timur Kota Pokhara (kota kedua terbesar di negara itu) sangat merusak karena tergolong dangkal.

Kementerian Dalam Negeri Nepal menyebutkan, korban tewas mencapai 1.805 dengan sekitar 4.700 orang lainnya terluka. Setidaknya 300 orang tewas di ibukota Kathmandu yang berpenduduk sekitar satu juta orang. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini