Sukses

MenPAN-RB: Semua Menteri Kabinet Kerja Harus Siap Diganti

Politisi Hanura ini menegaskan, para menteri harus siap bila diganti oleh Jokowi, termasuk pula dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan reshuffle atau perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Menurut dia, para menteri harus siap bila diganti oleh Jokowi, termasuk dirinya. Bila diganti, artinya menteri tersebut kinerjanya masih dipandang kurang produktif.

"Itu hak Presiden, harus ikhlas. Semua menteri itu harus bersyukur pada saat diberikan kepercayaan sebagai pembantu Presiden dan harus ikhlas apabila pada waktunya Presiden melakukan pergantian. Mesti siap semua menteri,‎" kata Yudd‎y di Universitas Nasional, Jakarta, Sabtu (25/4/2015).

Politisi Hanura ini menegaskan, Jokowi pasti melakukan evaluasi terhadap anggota Kabinet Kerja tiap hari. Selain, plus-minus dari bawahannya kemungkinan telah diketahui dan menjadi catatan khusus bagi Jokowi.   

"Beliau pasti punya catatan tentang menterinya selama kurang lebih 6 bulan terakhir. Kalau reshuffle itu sepenuhnya kewenangan Presiden. Saya sendiri belum pernah mendengar rencana reshuffle," tegas Yuddy.

Dia meyakini Jokowi tak akan merombak kaninetnya jika tidak dalam kondisi terpaksa. Apalagi jika hanya mendengarkan desakan pihak-pihak luar yang tak memiliki alasan kuat.

"Pak Jokowi bukan tipe yang mudah dipengaruhi, apalagi dengan politik dagang sapi," tandas Yuddy. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini