Sukses

Terduga Otak Pelemparan Bom ke Rumah Gubernur Sulsel Dicokok

Terduga teroris berinisial MB atau Ustaz B disangkakan terlibat berbagai aksi teror dan perekrutan anggota ISIS ke Suriah.

Liputan6.com, Makassar - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap terduga teroris berinisial MB atau Ustaz B. Ia diduga terlibat berbagai aksi teror.

Selain itu, Ustaz B juga diduga ikut andil dalam pengiriman warga negara Indonesia atau WNI yang akan bergabung dengan kelompok Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) di Suriah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigadir Jenderal Pol Agus Rianto mengatakan, tersangka ditangkap di Jalan Pajaiang, Kelurahan Manuruki, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wita.

"Telah dilakukan penangkapan terhadap tersangka teroris atas nama MB alias Ustaz B," kata Agus di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Agus melanjutkan, Ustaz B diduga kuat mengetahui perencanaan pelemparan bom‎ ke Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, sambung Agus, Ustaz B juga diduga kuat memfasilitasi pemberangkatan WNI ke Suriah bergabung dengan ISIS.

"Ketiga, menampung para DPO (Daftar Pencarian Orang) teroris," tandas Agus Rianto.

Sebelumnya, kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso diduga melarikan diri ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar). Mereka dikejar dari Poso, Sulawesi Tengah oleh Tim Densus 88 Mabes Polri.

Kepala Kepolisian Daerah Sulselbar Irjen Pol Anton Setiadji mengatakan, ada beberapa wilayah yang diduga tempat pelarian kelompok teroris dari Poso.

"Cuma saya tidak bisa membocorkan semua yang mana saja tempatnya, untuk Sulsel ada seperti di Kabupaten Wajo di antaranya Walenranng, Siwa. Sementara di Sulbar di antaranya di daerah Mambi," beber Anton, Rabu 22 April 2015. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.