Sukses

Cek Perubahan Rute Transjakarta di Hari Kelima KAA

Sedikitnya 4 koridor Transjakarta mengalami perubahan rute atau perlambatan selama KAA berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan bus Transjakarta sejak kemarin terimbas penutupan arus lalu lintas di beberapa jalan protokol selama digelarnya Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA). Sedikitnya 4 koridor mengalami perubahan rute atau perlambatan selama KAA berlangsung.

Terkait itu, Direktur Utama PT Transjakarta ANS Kosasih mengatakan, 4 koridor itu adalah koridor 1 jurusan Blok M-Kota, koridor 2 jurusan Pulogadung-Harmoni, koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas, dan koridor 9 jurusan Pinang Ranti-Pluit. Perubahan rute berlaku mulai Rabu 22 April hingga Kamis 23 April 2015 pada pukul 06.00-09.00, pukul 16.00-18.00 dan pukul 19.00-22.00 WIB.

"Layanan terganggu bisa dalam bentuk melambatnya bus secara signifikan karena buka-tutup jalan yang dilakukan situasional oleh petugas polisi dan Dinas Perhubungan," kata Kosasih di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Untuk koridor 1 tidak akan mengalami perubahan rute. Hanya, pada jam yang sudah ditentukan terjadi perlambatan yang sangat signifikan. "Berbeda dengan koridor 2 dari arah Pulogadung menuju Harmoni, layanan normal pada pukul 16.00-22.00 WIB. Untuk Harmoni ke Pulogadung baru ada perubahan rute," jelas dia.

Berikut pengalihan rute Transjakarta:

Dari Harmoni (belok kiri) Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pejambon-Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Patung Pak Tani-masuk halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulogadung. Pengalihan bersifat situasional mengikuti kondisi lalu lintas.

Sedangkan untuk Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) hanya melayani dari PIK hingga Harmoni pada pukul 16.00-20.00 WIB.

"Untuk layanan di Koridor 6 diperkirakan akan melambat secara signifikan mengikuti kondisi lalu lintas dampak buka/tutup jalur situasional," ujar dia.

Sementara koridor 9 mengalami pengalihan rute dari Pinang Ranti menuju Pluit masuk melalui Gerbang Tol Cawang dan keluar di Gerbang Tol Slipi.

Halte yang tidak dilayani arah ke Grogol/Pluit yaitu halte Cikoko Stasiun Cawang, halte Tebet BPKM, halte Pancoran Tugu, halte Pancoran Barat, halte Tegal Parang, halte Kuningan Barat, Halte Gatsu Jamsostek, halte Gatsu LIPI, halte Semanggi, halte Senayan JCC dan halte Slipi Petamburan.

Kemudian dari Pluit menuju Pinang Ranti melalui Gerbang Tol Slipi dan keluar di Gerbang Tol Pancoran.

Halte yang tidak dilayani untuk arah Pinang Ranti/PGC yaitu halte Slipi Petamburan, halte Senayan JCC, halte Semanggi, halte Gatsu LIPI, Halte Gatsu Jamsostek, halte Kuningan Barat, halte Tegal Parang dan halte Pancoran Barat.

Permohonan Maaf

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Perubahan rute layanan, halte yang ditutup dan perpendekan rute kami lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu negara peserta KAA. Kami mohon pengertian dari para pelanggan setia bus Transjakarta," ucap Kosasih.

Warga Jakarta dapat melihat perkembangan terkini pelayanan Transjakarta melalui akun twitter @PT_transjakarta. Dengan begitu, warga memiliki alternatif dalam melakukan perjalanan.

"Kami juga akan terus melakukan update kepada seluruh personel kami di lapangan agar seluruh penumpang dapat memperoleh informasi terkini terkait operasional Transjakarta," pungkas Kosasih. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini