Sukses

Puncak KAA di Bandung, Warga Diimbau Tidak Keluar Rumah

Penutupan jalur hanya dilakukan di Jalan Asia Afrika sejak Kamis 23 April 2015 pukul 06.00 WIB hingga Jumat 24 April 2015 pukul 15.00 WIB.

Liputan6.com, Bandung - Karyawan instansi pemerintah dan swasta di Kota Bandung, Jawa Barat diliburkan pada Jumat, 24 April 2015. Hal tersebut berdasarkan surat yang dikeluarkan Walikota Bandung Ridwan Kamil karena acara puncak Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 akan diadakan di Kota Kembang itu.

Para pegawai pemerintah dan swasta diliburkan karena dikhawatirkan akan terjadi kemacetan panjang saat KAA berlangung.

Wakasat Lantas Polrestabes Bandung Santiadji Kartasasmita mengimbau kepada masyarakat tidak keluar rumah saat puncak acara KAA nanti karena diprediksi akan terjadi kepadatan lalu lintas meski sebagian karyawan telah diliburkan.

"Kita imbau masyarakat bila tidak ada kegiatan yang penting, nggak usah keluar rumah. Kita bukan ingin membatasi aktivitas masyarakat," kata Santiadji di Bandung, Rabu (22/4/2015).

Santiadji mengatakan, penutupan jalur hanya dilakukan di Jalan Asia Afrika sejak Kamis 23 April 2015 pukul 06.00 WIB hingga Jumat 24 April 2015 pukul 15.00 WIB karena pusat acara akan dilangsungkan di sekitar Gedung Merdeka.

Untuk rekayasa jalur lalu lintas, pihaknya telah menyiapkan 17 skema. Namun, hal tersebut bersifat situasional dan tidak dilakukan dalam waktu yang lama.

"Pengalihan arus kita siapkan 17 titik sehingga masyarakat tidak menunggu sampai dengan rombongan delegasi melintas," ucap dia

Santiadji menuturkan, tidak melarang masyarakat yang ingin menyambut KAA. Iring-iringan rombongan KAA akan melintas beberapa jalur seperti Jalan Pajajaran - Wastukencana - Merdeka - Tamblong - Asia Afrika.

"Yang mau menyambut tidak ada larangan, silakan saja. Tapi tetap harus mengikuti instruksi polisi," pungkas Santiadji. (Mvi/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.