Sukses

Ahok Hadiahi Pemimpin Korut Kim Jong Un Sepasang Orangutan

Bila pasangan hewan itu memiliki anak, maka bayi-bayi orangutan itu akan dikembalikan ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Ahok akan memberikan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un satwa khas Indonesia, orangutan. Pemberian itu diharapkan dapat mempererat tali persahabatan antara Indonesia-Korea Utara sebagai sister city.

"Kita saja kasih ke Hungaria itu komodo. Kan semua sister city kita kirimi hewan-hewan khas kita. Orangutannya nanti dari Ragunan," kata pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

‎Orangutan yang akan dihadiahkan oleh Ahok berjumlah sepasang. Bila pasangan hewan itu memiliki anak, maka bayi-bayi orangutan tersebut akan dikembalikan ke Indonesia.

Korea Utara nantinya juga akan memberikan hewan khas mereka. Namun, Ahok belum tahu ingin meminta hewan apa. "(Soal barter hewan) Aku nggak tahu. Aku lagi pikirin mau (hewan) apa," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Menurut Ahok, hal ini bukanlah yang pertama. Pemberian hewan khas sudah dilakukan sejak DKI Jakarta dipimpin oleh Fauzi Bowo atau Foke.

Kebetulan perwakilan negeri komunis itu tengah berada di Tanah Air. Korea Utara memenuhi undangan Indonesia untuk menghadiri perhelatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). Namun pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berhalangan. Kehadirannya diwakili oleh Ketua Presidium Korea Utara Kim Yong-Nam.

Pada Selasa, 21 April 2015 kemarin, Ahok telah bertemu muka dengan Ketua Presidium Komite Rakyat Korea Utara Kim Yong-nam. Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Hotel Intercontinental, Jakarta, itu Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Korea Utara sepakat untuk memperkuat kerja sama sister city atau kota mitra yang telah terjalin antara Jakarta dan Pyongyang. (Ndy/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini