Sukses

Polri: Pelantikan Budi Gunawan Mewah Salah Sederhana Salah

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, pelantikan Wakapolri Budi Gunawan berjalan singkat namun prosedural.

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Pol Budi Gunawan resmi dilantik sebagai Wakapolri siang ini. Pelantikan yang dilakukan dipimpin Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dilakukan tertutup di Rupatama Mabes Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan menjelaskan waktu yang dimiliki Kapolri saat ini tidak banyak. Sehingga harus segera dilaksanakan meski terbilang sederhana.

"Jangan terlalu diperbesar seperti ada kesalahan. Mewah salah, sederhana salah. Ini kesepakatan bersama. Kalau tertutup saya tidak di sini," kata Anton di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Anton menjelaskan, pelantikan Budi Gunawan berjalan singkat namun prosedural. Semua petinggi Polri juga hadir. Pelantikan jenderal bintang 3 ini tidak ada yang berbeda atau ditutupi, meski diakui tidak mengundang banyak pihak.

"Dulu waktu Kabareskrim kan sederhana seperti ini. Yang penting mekanisme SOP (standar operasional prosedur) berlangsung. Laporan, penyumpahan, amanat, dan lain-lain. Kan tidak harus diundang sana sini," kata dia.

Terkait waktu dan keputusan sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti), kata Anton, memang menjadi rahasia rumah tangga Polri. Yang jelas saat ini Polri butuh dukungan masyarakat agar menjadi lebih baik ke depan.

"Sidang Wanjakti itu rahasia. Waktunya, tempatnya rahasia. Jadi mohon dihormati. Kami sampaikan kepada masyarakat, kami sudah mempunyai Wakapolri Pak Komjen Budi Gunawan. Mohon doa restu. Semoga pasangan ini bisa meningkatkan kinerja Polri secara keseluruhan," pungkas Anton.

Ruangan Sempit

Komisioner Kompolnas M Nasser menilai, keterbatasan ruang menjadi alasan pelantikan Budi Gunawan terkesan tertutup. Ia juga menyayangkan hal tersebut.

"Tapi memang ruangannya sempit terbatas. Yang hadir juga perwakilan, semua bintang 3 dan 5, orang bintang 2," pungkas Nasser.

Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan resmi dilantik sebagai Wakapolri. Pelantikan yang dipimpin Kapolri Jenderal Badrodin Haiti itu berlangsung tertutup di aula Ruang Rapat Pertemuan Utama (Rupatama) Mabes Polri.

Sejumlah pejabat teras Polri terlihat hadir saat pelatikan Budi Gunawan. Antara lain Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Budi Waseso dan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Dwi Priyatno. (Rmn/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.