Sukses

Pendaftaran Anggota Polri 2015 Diperpanjang

Pendaftaran untuk calon anggota Polri 2015 diperpanjang hingga 2 Mei 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran untuk calon anggota Polri 2015 diperpanjang hingga 2 Mei 2015. Pendaftaran itu termasuk untuk Akademi Kepolisian, Bintara maupun Tamtama.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan menjelaskan, alasan Polri memperlebar waktu pendaftaran karena ingin membuka kesempatan bagi para siswa SMA/sederajat yang baru selesai mengikuti Ujian Nasional (UN).

"Diperpanjang 1 minggu. Pengumuman untuk seluruh masyarakat Indonesia agar bisa mendaftar. Waktunya kelulusan yang menjadi kendala. Pendaftaran waktunya dekat hasil UN," kata Anton di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Anton menepis anggapan bahwa waktu pendaftaran dibuka lebih lama dari waktu yang ditetapkan sebelumnya 24 April 2015 karena sepi peminat.

"Malah overload biasanya. Kemarin saja sampai 200 ribu pendaftar. Memberikan waktu yang lebih lama tapi kuota tidak ada penambahan. Kuota tetap 15 ribuan," ujar dia.

Anton juga menegaskan, untuk para putra-putri Indonesia yang mendaftar untuk tidak percaya dengan calo atau oknum kepolisian yang memberi janji kelulusan. Biasanya para calo itu hanya menebak-nebak hasil kelulusan.

"Calo jangan dipercayai, karena banyak putra putri jenderal juga yang tidak lulus. Mereka (calo) ini menduga-duga, kalau lulus diakuinya jasa saya. Kalau tidak lulus ada kendala macam-macam," beber Anton.

Dia menekankan, Polri tidak menarik pungutan biaya pendaftaran. Ia juga memastikan dalam penerimaan anggota Polri tidak mengenal istilah KKN.

"Kita tidak KKN. Banyak juga yang tidak lulus (keluarga Polri). Ada mungkin 20-30 persen dari keluarga Polri, termasuk juga jenderal-jenderal," tutup Anton. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini