Sukses

Insiden Kopi Tumpah Bikin Pesawat Presiden Serbia Terbang Menukik

"Presiden Tomislav Nikolic dan para penumpang lain terlempar di dalam kabin Falcon 50, sebelum pilot berhasil menguasai kembali pesawat."

Liputan6.com, Beograd - Pesawat yang ditumpangi Presiden Serbia Tomislav Nikolic terbang menukik turun. Penerbangan ke Roma pekan lalu itu diduga akibat kopilot berusaha membersihkan tumpahan kopi.

"Presiden Tomislav Nikolic dan para penumpang lain terlempar di dalam kabin Falcon 50, sebelum pilot berhasil menguasai kembali pesawat," demikian diberitakan BBC, Rabu (22/4/2015).

Presiden Nikolic dalam perjalanan ke Roma pada tanggal 17 April untuk bertemu Paus Fransiskus.

Menurut penyelidikan di Serbia, kopi tumpah pada panel kontrol dan kopilot secara tidak sengaja menghentikan kemudi otomatis ketika berusaha membersihkannya.

Hal itu membuat pesawat jet presiden secara tak sengaja tiba-tiba terbang menukik turun. Setelah berhasil dikendalikan, burung besi itu kemudian diterbangkan kembali ke Beograd.

Kopilot Bojan Zoric kini dihukum sementara, setelah para penyidik menemukan bukti bahwa ia secara tak sengaja mengaktifkan tombol yang menyebabkan pesawat menukik turun dari ketinggian 10.303 meter.

Akibat ulah kopilot tersebut, satu dari tiga mesin Falcon dilaporkan berhenti bekerja karena burung besi itu turun secara drastis. Beruntung juru mudi pesawat itu bisa dengan cepat mengontrolnya sehingga mesin yang mati itu hidup kembali. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.