Sukses

Bom Mobil Guncang Restoran di Mogadishu, 11 Tewas

Kelompok militan Al-Shabaab kerap menyerang hotel, rumah makan dan kompleks pemerintahan di Mogadishu, Somalia.

Liputan6.com, Mogadishu - Ledakan bom menggemparkan warga Kota Mogadishu. Bom mobil meledak di luar salah satu restoran populer di ibukota Somalia tersebut.

"11 Orang dipastikan tewas dalam ledakan itu, warga lainnya mengalami luka parah," beber wartawan BBC di Mogadishu, Moalimu Mohammed, seperti dilansir BBC, Rabu (22/4/2015).

"Sebuah kendaraan penuh bahan peledak diparkir di luar rumah makan," kata perwira kepolisian setempat Ahmed Warhere kepada AFP.

Adapun restoran Banooda itu terletak di depan Central Hotel yang sering didatangi para politikus. Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab. Namun kelompok militan Al-Shabaab seringkali menyerang hotel, rumah makan dan kompleks pemerintahan di Mogadishu.

BBC menulis pula, sejumlah ambulans segera diarahkan ke lokasi kejadian, di mana terlihat darah dan puing-puing di berbagai tempat, untuk membantu korban cedera.

Paling tidak 20 orang, termasuk beberapa pejabat senior, tewas dalam serangan Al-Shabaab terhadap Central Hotel pada Februari lalu. Kelompok pemberontak terkait Al-Qaeda tersebut menentang pemerintahan yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menginginkan pasukan Uni Afrika meninggalkan Somalia.

Pada Senin 20 April 2015, kelompok Al-Shabaab mengaku bertanggung jawab atas pengeboman sebuah kendaraan PBB di Garowe, kota utama di daerah Puntland, Somalia. Pengeboman ini menewaskan 7 orang. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.