Sukses

Besok Puncak KAA di Jakarta, Cek Rute Pengalihan Lalu Lintas

Pukul 06.00-10.00 WIB Jalan Asia Afrika, Cawang menuju Slipi, dan Sudirman-MH Thamrin menuju Senayan akan disterilisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 di Jakarta akan berlangsung pada Rabu 22 April 2015. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun bakal menutup beberapa ruas jalan menuju Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, tempat KAA digelar.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapuddin mengatakan, mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, Jalan Asia Afrika, Cawang menuju Slipi, dan Sudirman-MH Thamrin menuju Senayan akan disterilisasi. Sebab para delegasi negara-negara peserta KAA akan berangkat secara serentak dari hotel-hotel tempat mereka menginap.

"Karena aturannya jalan harus steril," kata Risyapuddin ketika dihubungi Liputan6.com, Selasa (22/4/2015).

Dia mengatakan, pemberangkatan delegasi negara peserta KAA dibagi menjadi 3 gugus. Gugus pertama ialah tamu negara yang menginap di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), seperti Hotel Mandarin Oriental, Hotel Indonesia Kempinsky dan Grand Hyatt.

Gugus kedua, lanjut Risyapuddin, ialah tamu negara yang menginap di kawasan Kuningan seperti JW Marriot, Ritz Carlton Kuningan. Dan gugus ketiga adalah tamu negara yang bermalam di Hotel Mulia, Dharmawangsa, Vermont dan Ritz Carlton SCBD.

"Tamu negara akan diberangkatkan pukul 07.00 dan waktu keberangkatan hanya selisih 1 menit. Mereka harus tiba pukul 08.45 WIB di lokasi (JCC)," jelas Risyapuddin.

Menurut Risyapuddin, gugus pertama yang akan diberangkatkan adalah gugus 3, yang paling dekat dengan JCC. Selanjutnya, pemberangkatan gugus 2 dan gugus 1.

Penutupan jalan ini, kata Risyapuddin, juga akan menyebabkan pengalihan arus lalu lintas. Di antaranya dari arah Blok M menuju Senayan diluruskan ke Sudirman, dari arah SCBD ke Senopati, dari arah Kuningan ke Mampang Prapatan-Tendean.

Lalu dari arah Sudirman, Risyapuddin menambahkan, akan dibelokan ke Menteng dan Tanah Abang. Sementara pengendara mobil yang menggunakan akses tol Cawang-Slipi, tidak boleh keluar di pintu tol Semanggi. Melainkan di pintu keluar depan Gedung MPR/DPR.

KAA ke-60 ini dilaksanakan di 2 kota, yaitu Jakarta pada 19-23 April dan Bandung pada 24 April. Agenda KAA meliputi 'Asia-Afrika Bussiness Summit' dan 'Asia-Africa Carnival'.

Tema KAA ke-60 yang dibawa Indonesia dalam acara yang akan dihadiri 109 pemimpin negara dan 25 organisasi internasional itu, adalah peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan, kesejahteraan, serta perdamaian.

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas:

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/855815/original/076236100_1429424587-Pengalihan-jalan-KAA.jpg

(Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini