Sukses

Syarief Hasan: Ketua DPC Demokrat yang Dipecat Itu Bermasalah

DPP Partai Demokrat‎ ingin kejayaan pada 2009 kembali diraih, oleh karena itu kader yang tak bekerja baik akan menerima sanksi.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat memecat sejumlah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai tersebut. Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, alasan pemecatan mereka karena bermasalah selama menjabat.

"Ada yang tidak kerja, tidak urus partai, dan ketahuan melakukan penyimpangan uang saksi. Itu tahun kemarin, jadi harus didisiplinkan. Mereka itu Ketua DPC yang bermasalah," kata‎ Syarief di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Menurut mantan Menteri Koperasi dan UKM itu, para Ketua DPC harusnya introspeksi setelah dipecat. DPP Partai Demokrat‎ ingin kejayaan pada 2009 kembali diraih, oleh karena itu kader yang tak bekerja baik akan menerima sanksi.

"Kami kan mau perbaiki partai kami, yang tidak kerja harus diperbaiki. Ada penyimpangan, kita tidak," ujar dia.

Syarief juga menjelaskan pemecatan ini tidak terkait dengan Kongres Partai Demokrat yang akan dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur. Terkait dengan somasi, ia menuturkan para mantan Ketua DPC itu salah sasaran.

"Mereka harusnya hubungi Ketua DPD masing-masing. DPD itu atasan langsung mereka. Pemecatan itu (usul) dari DPD," tutur Syarief.

SBY Calon Tunggal

Menanggapi soal pencalonan ketua umum dalam Kongres III Demokrat, Syarief mengatakan baru ada calon tunggal untuk mengisi jabatan tersebut, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, hal ini belum final. Partai Demokrat membuka kesempatan bagi para kader untuk ikut dalam kompetisi.

Meski membuka kesempatan, suami Inggrid Kansil ini men‎uturkan ada syarat dukungan yang harus dipenuhi.

"‎Sampai saat ini yang dicalonkan kader-kader baru SBY. (Bagi kader yang mau maju) syaratnya didukung pemilih hak suara. Minimal untuk maju belum difinalkan. Presidential threshold saja ada, masa maju ketum nggak ada. Marzuki mau maju, silakan saja," jelas Syarief.

Anggota Komisi I DPR ini menyampaikan SBY dianggap kompeten untuk mempersatukan dan membawa partai lebih baik dalam Pemilu 2019. Ia juga menampik akan ada perpecahan setelah kongres. Para kader dianggap sudah mengakui SBY yang pernah menjadi Presiden RI selama 2 periode.

Oleh karena itu, jabatan yang pantas bagi SBY adalah Ketua Umum Partai Demokrat. Syarief mengatakan belum ada masukan dari pengurus daerah agar SBY menjabat posisi selain ketua umum.

"Para kader hanya lihat di sosok SBY. Sayang juga kalau ada kader terbaik partai tapi kita tidak manfaatkan. Kader yang dorong (SBY tidak menjabat ketum) itu siapa, belum ada masukan ke saya tuh. Sampai saat ini, mereka ingin SBY yang jadi ketum," imbuh dia.

Syarief menegaskan para kandidat yang mau maju tidak boleh menyertakan para Ketua DPC yang sudah dipecat. Sebab, hak suara mereka sudah hilang. "Sudah diganti ya hak suara hilang. Hak suara tidak dibawa mati," pungkas Syarief. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini