Sukses

Sosok Kartini bagi Ahok: Ya Ibu Megawati Dong

Meski sambil tertawa, Ahok sangat serius dengan ucapannya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Ahok memiliki sosok Kartini versinya sendiri. Buat pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri-lah sosok Kartini masa kini.

"Salah satunya ya Ibu Megawati dong," ujar Ahok sembari tertawa di Balaikota, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Meski sambil tertawa, Ahok sangat serius dengan ucapannya. Menurut dia, kehadiran sosok Presiden ke-5 itu membuktikan Indonesia masih menghargai keberadaan perempuan.

"Secara UU dijamin, tapi dalam hati kecil kita belum bisa terima. Nggak usah kita, 'eyangnya' demokrasi Amerika saja nggak bisa terima presiden perempuan. Kita masih lumayan dapat Megawati naik," kata suami Veronica Tan itu.

Ahok menuturkan, belum sepenuh hati memberikan kesempatan bagi perempuan inilah yang masih menghambat kiprah perempuan di berbagai bidang. Padahal, kata dia, seharusnya perempuan Indonesia dapat mencontoh Kartini yang berjuang hingga Belanda.

"Kita tidak sadar kita belum bisa terima perempuan jadi presiden kayak di Amerika. Sampai sekarang Amerika pun belum terima lho. Saya kira keberatan orang sama Bu Megawati dulu karena perempuan. Coba kalau Soekarnoputra, mungkin lain," ucap dia.

"Nah itu yang harus kita ingatkan bangsa ini bahwa nggak boleh seperti itu. Kartini saja bisa memperjuangkan ke Belanda. Harusnya perempuan Indonesia juga punya hak jadi presiden," pungkas Ahok. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.