Sukses

Badrodin Haiti Sebut Penentuan Wakapolri Ujian Soliditas Polri

Badrodin Haiti pun menjamin internal Polri solid mendukung siapa pun yang menjadi Wakapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Kebijakan dan Kepangkatan Tinggi atau Wanjakti akan bersidang pekan ini menentukan Wakapolri. Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti pun menjamin internal Polri solid mendukung siapa pun yang menjadi Wakapolri. Dan tentunya menjadi ujian soliditas internal Korps Bhayangkara.

Mantan Kabarhakam Mabes Polri itu menjelaskan pemilihan Wakapolri sudah ada mekanismenya. Wanjakti nanti diisi oleh eselon satu serta jenderal bintang tiga (berpangkat komisaris jenderal) dan dua (berpangkat inspektur jenderal) di lingkungan Polri.

"Rencananya itu disepakati, siapa saja yang ditunjuk, disetujui mereka (Wanjakti) akan kita ajukan (kepada Presiden Jokowi)," kata Badrodin di PTIK Mabes Polri, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Ia menekankan pula, proses pemilihan Wakapolri di Wanjakti itu dijamin tidak akan mengganggu soliditas Polri. Sebab, Wanjakti itu diwakili oleh jenderal mulai yang senior angkatan Akademi Kepolisian 1981 hingga 1987.

"Kalau (Wakpolri) sudah ditunjuk, berarti (Polri) solid. Karena sudah perwakilan," ujar Badrodin yang beberapa hari lalu dilantik sebagai Kapolri.

Mantan Kapolda Sumut itu mengatakan kalau ada waktu, maka pekan ini sidang Wanjakti akan dilaksanakan. Soal siapa calon kuat, Badrodin merahasiakannya.

"Tergantung di Wanjakti nanti," ucap Badrodin.

Wejangan Badrodin

Alumnus Akpol 1982 ini juga memberi arahan kepada perwira tinggi dan seluruh jajaran di Polri untuk menjaga soliditas.

"Kita (Polri) harus solid, karena kita menghadapi tantangan ke depan berat, sehingga masing-masing harus bersinergi, harus solid, harus bekerja sama secara internal untuk bisa melakukan tugas dengan baik," tutur Badrodin.

Yang kedua, Badrodin juga menekankan kepada jajarannya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Sebab, hasil survei belakangan ini menunjukkan Polri mengalami penurunan.

"Kita harus tingkatkan mulai dari kinerja kita yang harus lebih baik, peningkatan responsiblitas kita dalam profesional tugas," tambah dia.

"Juga masalah terkait komunikasi massa, mengurangi pelanggaran, meningkatkan kinerja bidang-bidang tertentu. Ini yang kita bangun untuk bisa mendapatkan rasa percaya masyarakat kepada Polri, ini arahan saya kepada seluruh jajaran tentang apa yang mereka lalukan," pungkas Kapolri Badrodin Haiti. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini