Sukses

21-4-1934: Heboh Penampakan Monster Loch Ness

Foto lawas yang diklaim penampakan monster Loch Ness paling terkenal sepanjang masa itu dijepret tahun 1934.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan monster Loch Ness hingga kini masih menjadi misteri. Beritanya pun selalu menyedot perhatian. Belum ada bukti sahih yang membuktikan keberadaan hewan setengah mitos itu.

Salah satu yang disebut-sebut sebagai bukti paling hits adalah 'Surgeon’s Photo', foto lawas yang diklaim penampakan monster Loch Ness paling terkenal sepanjang masa. Gambar hitam putih itu dijepret tahun 1934, oleh seorang dokter bedah terkemuka, Robert Kenneth Wilson.

Selama beberapa dekade, gambar itu diyakini sebagai bukti keberadaan makhluk misterius itu.

Loch Ness adalah salah satu dari hewan mistis legendaris. Monster ini kali pertama diklaim terlihat di danau Loch Ness, Skotlandia.

Tepat pada 21 April 1934, foto itu diterbitkan di Daily Mail. Profesi Wilson yang menyebabkan foto itu dijuluki "Photograph Surgeon".

Hingga akhirnya 60 tahun kemudian, fakta tentang foto itu terkuak. Christian Spurling di usia ke-90 tahun pada tahun 1994 mengaku membuat monster palsu menggunakan kapal selam mainan atas permintaan ayah mertuanya, Marmaduke Wetherell.

Wetherell, seorang pemburu, merasa terhina saat 'jejak kaki monster' yang ia temukan pada Desember 1933 ternyata adalah tapak kaki kuda nil.

Loch Ness adalah salah satu dari hewan mistis legendaris. Monster ini kali pertama diklaim terlihat di danau Loch Ness, Skotlandia.

Sebuah surat yang ditujukan  kepada Wakil Menteri Luar Negeri Skotlandia 70 tahun lalu melaporkan penampakan besar-besaran monster berleher panjang ini.

Seperti dilansir orange.co.uk, surat 70 tahun lalu itu atas nama Williaw Fraser, seorang Kepala Polisi Kota Administratif Inverness, Skotlandia. Surat itu ditemukan baru-baru ini di Arsip Nasional Skotlandia.

Pada surat tertera tahun sekitar 1930 itu menyebutkan sejumlah penampakan besar-besaran dari monster berleher panjang seperti Plesiosaurus, dinosaurus reptil berleher panjang.

Penampakan monster yang dikenal dengan nama Nessie ini dibantah oleh sebagian besar ilmuwan dan para ahli. Mereka menilai bukti-bukti yang ada  tidak cukup memadai, dan menganggap laporan-laporan penampakannya sebagai hoax. Hingga akhirnya terbukti.

Peristiwa menarik lain pada 21 April tahun berbeda yakni 1879, adalah hari lahir Raden Ajeng Kartini -- seorang tokoh pergerakan wanita Indonesia. Di Indonesia, setiap tanggal lahirnya kerap diperingati untuk mengenang jasanya di dunia pendidikan bagi kaum hawa.

Sementara pada 21 April 2004, lima pelaku bom mobil bunuh diri menargetkan kantor polisi di dan sekitar Basra, Irak. 74 orang tewas dalam peristiwa itu, sementara 160 lainnya luka-luka. (Tnt/Ans)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini