Sukses

Tata Cara UN Berbasis Komputer

Ujian Nasional tahun ini menggunakan metode berbasis komputer, atau biasa disebut CBT (Computer Based Test). Lalu, bagaimanakah teknisnya?

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang telah kita ketahui, kebijakan Ujian Nasional di tahun ini, dan tahun-tahun mendatang berbeda dengan sebelumnya. Jika tahun lalu, nilai dari Ujian Nasional adalah standar mutlak apakah si murid tersebut lulus atau tidaknya, tidak begitu dengan Ujian Nasional kali ini. Selain dari Ujian Nasional yang dapat diulang untuk perbaikan juga nilai hasil UN bukanlah standar kelulusan sang murid.

Bukan hanya itu, kali ini metode yang digunakan pun berbeda, yaitu ujian nasional berbasis komputer/Computer Based Test (CBT), bukan lagi ujian nasional dengan puluhan soal di lembar-lembar kertas yang lebar dan banyak. Namun, sayangnya dikarenakan kemampuan dalam hal fasilitas tiap sekolah berbeda, metode ini pun tidak serta merta dilaksanakan merata di seluruh sekolah di tanah air, masih ada pula yang masih menggunakan lembar kertas. Hanya sekitar 585 sekolah yang menggunakan metode CBT dari 70 ribu sekolah yang ada di Indonesia. Lalu, bagaimanakah teknis pelaksanaan ujian berbasis kompuetr tersebut? Mari kita simak di infografis di bawah ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini