Sukses

Negara Asia-Afrika Sepakat Dukung Palestina Merdeka

Dengan adanya dokumen dukungan Palestina ini, langkah Palestina menjadi negara berdaulat penuh semakin mulus.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian Konferensi Asia-Afrika pada hari pertama dimulai dengan pertemuan pejabat dan diplomat senior (SOM). Dalam pertemuan itu seluruh outcome dari KAA dirundingkan bersama oleh negara Asia-Afrika.

Salah satu poin penting outcome KAA yang dibahas adalah soal dukungan kemerdekaan Palestina. Pembahasan dokumen tersebut dalam level SOM akhirnya mencapai kata sepakat.

Keterangan ini disampaikan Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri RI Yuri Thamrin. Yuri mengatakan perundingan dukungan kemerdekaan Palestina di KAA berjalan lancar.

"Dukungan terhadap palestina itu kan besar. Jadi lebih mudah untuk menyepakati dokumen. Jadi dukungan lebih besar," kata Yuri di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (19/4/2015).

"Kita menyampaikan merasa bangga akan soliditas Palestina yang tetap teguh menghadapi berbagai cobaan," tutur dia.

Dengan adanya dokumen dukungan Palestina ini, Yuri mengharapkan langkah Palestina menjadi negara berdaulat penuh semakin mulus. Jika hal itu berjalan sesuai rencana, kemerdekaan keanggotaan Palestina di PBB pun akan dapat terwujud.

"Kita harap bahwa Palestina akan menjadi anggota PBB," sebut dia.

"Kita mendorong negara-negara Asia-Afrika yang melakukan pengakuannya, memberikan pengakuannya kepada Palestina," pungkas Yuri. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini