Sukses

BW: Budi Gunawan Masuk Bursa Wakapolri, Biar Rakyat yang Nilai

"Biarlah akal sehat masyarakat yang menilai. Saya serahkan kepada pimpinan (KPK) sekarang."

Liputan6.com, Jakarta - Gagal jadi Kapolri, nama Komjen Pol Budi Gunawan santer disebut-sebut bakal menduduki jabatan wakapolri. Bahkan Kalemdikpol itu sudah mendapat restu dari Komisi III DPR untuk disandingkan dengan Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti.

Terkait hal ini, Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto menyerahkan penilaian tersebut kepada rakyat Indonesia.

"Saya tidak dalam posisi menjawab hal tersebut, biarlah akal sehat masyarakat yang menilai. Saya serahkan kepada pimpinan (KPK) sekarang. Mudah-mudahan yang terbaik yang terjadi," ujar Bambang di kantor LBH Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Saat didesak untuk menjawab, dirinya tetap menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan KPK aktif yang kini memegang kendali komisi antirasuah tersebut.

Meskipun demikian, dia berharap apapun hasilnya nanti menjadi jalan terbaik bagi Indonesia ke depannya. "Makanya saya serahkan kepada pimpinan sekarang dan akal sehat masyarakat. Mudah-mudahkan yang terbaik yang terjadi," tutup Bambang.

Usai ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Budi Gunawan mengajukan gugatan sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Hasilnya, majelis hakim menerima gugatan tersebut dan membatalkan status tersangka yang disandangnya.

Namun begitu, Presiden Jokowi tidak melantiknya sebagai Kapolri. Sang Kepala Negara mengusulkan Komjen Pol Badrodin Haiti kendati Budi Gunawan telah lulus fit and proper test di DPR.

Kini, Presiden Jokowi telah melantik Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Dengan begitu, posisi Wakil Kapolri yang didudukinya pun menjadi kosong. Untuk mengisinya, nama Komjen Pol Budi Gunawan pun digadang-gadang akan menjadi Wakapolri. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini