Sukses

Kapal Pengangkut 700 Imigran Libia Terbalik

Petugas penyelamat dari Italia dan Malta menemukan sejumlah jenazah di perairan itu. Beberapa di antaranya adalah anak-anak.

Liputan6.com, Italia - Sebuah perahu nelayan yang membawa 700 imigran dari Libia terbalik di Laut Mediterania, lepas pantai Libia, 120 mil di selatan Pulau Lampedusa, Italia. Ratusan orang dikhawatirkan tenggelam.

Petugas penyelamat dari Italia dan Malta menemukan sejumlah jenazah di perairan itu. Beberapa di antaranya adalah anak-anak.

Seperti dikutip dari laman Sky News, Minggu (19/4/2015), kapal diduga terbalik karena berat yang tak seimbang. Posisi para imigran yang berpindah dan tak tersebar merata menyebabkan kapal berat di salah satu sisi.

28 Orang dikabarkan berhasil diselamatkan dalam peristiwa ini. Namun kabar lain menyatakan, jumlah yang selamat mencapai 150.

"Mereka benar-benar mencari korban selamat di antara jenazah yang mengambang di air," kata seorang pejabat Italia, seperti dikutip dari laman Reuters.

Setidaknya tercatat sudah 900 nyawa melayang setelah kapal para imigran terbalik saat berusaha meninggalkan Libia sepanjang 2015. Dengan peristiwa ini, jumlah imigran yang tewas sepanjang tahun ini diduga bakal mencapai 1.500 orang.

Konflik di Libia tak kunjung berhenti. Setelah penggulingan diktator Libia Muammar Khadafi pada 2011 lalu, negeri itu kini harus menghadapi ancaman dari kelompok radikal ISIS. (Ndy/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini