Sukses

Bus Transjakarta Beroperasi Normal Saat KAA Berlangsung

Sejumlah jalur protokol akan ditutup sementara. Di antaranya ialah Jalan MH Thamrin, Sudirman, Gatot Soebroto.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ruas jalan protokol di Jakarta direncanakan akan ditutup sementara hingga para delegasi negara peserta Konferensi Asia-Afrika melewati jalur tersebut. Namun hal itu tidak berlaku bagi busway. Bus Tranjakarta tetap beroperasi normal selama KAA berlangsung.

"Transjakarta tetap beroperasi normal pada saat digelarnya Konferensi Asia–Afrika," tulis @PT_TransJakarta, Sabtu (19/4/2015).

Peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika (KAA) berlangsung selama 6 hari. Yaitu 19-24 April 2015. Untuk keamanan para tamu negara, 5 jalan protokoler di Jakarta akan ditutup sementara.

Menurut Kasubdit Dikyasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Warsinem, kelima jalan utama yang akan ditutup sementara di antaranya ialah Jalan MH Thamrin, Sudirman, Gatot Soebroto. Sebab sebagian besar hotel para peserta berada di 3 kawasan tersebut.

Sedangkan kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jalan Gerbang Pemuda, dan Pejompongan akan digunakan sebagai akses dari hotel menuju lokasi hajatan internasional tersebut.

"Sabtu hingga Selasa mungkin pengalihan jalan tidak akan banyak mengganggu warga, karena acara puncaknya Rabu," jelas Warsinem kepada Liputan6.com saat dihubungi, Sabtu 18 April 2015.

Warsinem menerangkan, pada Rabu 22 April 2015 pagi, Jalan Gerbang Pemuda akan ditutup karena digunakan sebagai jalan masuk utama menuju lokasi pertemuan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan oleh para delegasi dari berbagai negara.

Ia pun menyarankan masyarakat untuk tidak melewati Jalan Pejompongan, yang diperkirakan akan lebih padat dari hari biasa.

"Jalur itu akan dipakai untuk pengalihan kendaraan yang terkena rekayasa lalu lintas di kawasan Senayan," terang dia.

Namun pengalihan arus bersifat situasional dan dinamis, sehingga ia tidak dapat memastikan sterilisasi jalan diberlakukan seberapa lama. Untuk Rabu 22 April, para delegasi akan mulai beraktivitas pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

"Sebab di jam itulah para delegasi tamu dan Presiden Negara sahabat akan keluar dari 20 hotel secara serentak," beber Warsinem.  (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini