Sukses

Foto Jenazah Pembantu Dekat Saddam Hussein Beredar

Para pendukung Al-Douri membantah klaim tersebut. Meski sejumlah media televisi menunjukkan gambar yang diyakini sebagai jasadnya.

Liputan6.com, Baghdad - Salah satu orang kepercayaan mantan pemimpin Irak Saddam Hussein, Izzat Ibrahim al-Douri, dilaporkan tewas terbunuh dalam sebuah operasi militer. Foto-foto buronan pemimpin kelompok militan di negara itu pun sudah beredar.

"Dia tewas dalam pertempuran di Provinsi Salahuddin, di wilayah utara Baghdad," kata otoritas Irak seperti dikutip dari BBC, Sabtu (18/4/2015).

Namun demikian, para pendukung Izzat Ibrahim al-Douri membantah klaim tersebut. Meski sejumlah media televisi menunjukkan gambar yang diyakini sebagai jasadnya.

"Jasad yang diyakini sebagai al-Douri kini dibawa ke Baghdad untuk diuji DNA," kata pimpinan kelompok milisi Syiah yang mendukung pemerintah baru Irak dalam memerangi kelompok ISIS.

Douri, yang berusia 72 tahun, memimpin kelompok pemberontak yang merupakan kekuatan utama di balik kemunculan kelompok militan ISIS. Dia diyakini telah memainkan peran kunci dalam serangan militer besar-besaran oleh militan ISIS setahun lalu.

Dia merupakan orang kepercayaan Saddam Hussein, yang digulingkan ketika pasukan pimpinan AS menginvasi Irak pada 2003. Saddam kemudian dieksekusi mati pada tahun 2006.

Douri juga dianggap sebagai yang sosok penting dalam Partai Baath pimpinan Saddam Hussein. Dia berhasil melarikan diri dan menjadi buronan dari operasi penangkapan oleh pemerintah baru. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini