Sukses

Ini Hari Baik Pernikahan Gibran dan Selvi Berdasarkan Primbon

Hari baik untuk pernikahan Gibran dan Selvi di awal Juni 2015 yang jatuh pada tanggal 6.

Liputan6.com, Solo - Dalam konferensi pers rencana pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda yang digelar di Graha Sabha Buwana Solo, Jawa Tengah, Selasa 14 April 2015 malam, hari dan tanggal pernikahan belum diumumkan. Namun, menurut perhitungan Jawa, hari baik untuk pernikahan Gibran dan Selvi di awal Juni 2015 yang jatuh pada tanggal 6 dan 14.

Di museum kuno Radya Pustaka Solo, Jawa Tengah inilah, ahli perhitungan tanggalan Jawa membuka sejumlah kitab kuno dan primbon Jawa.

Mengacu pada kitab dan primbon seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (18/4/2015), hari baik untuk pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda bisa dicari dari tanggal lahir keduanya.

Pada Juni 2015, terdapat 2 hari baik untuk pernikahan Gibran dan Selvi, pertama pada Sabtu legi yang jatuh pada 6 Juni, hari kedua pada Ahad wage 14 Juni.

"Sabtu legi 6 Juni 2015, bertepatan dengan 8 Ruwah 1948 Tahun Ehe Windu Sangara, 8 Syaban 1436 Hijriah. Itu bagus karena untuk ukuran Ruwah artinya bagus, keselamatan," ucap ahli perhitungan penanggalan Jawa Totok Yasmiran.

Yasmiran mengatakan, ada hari yang sebaiknya dihindari Gibran dan Selvi, yakni Senin kliwon 15 Juni dan Kamis pon 18 Juni. Kedua hari itu merupakan sampar wangke artinya tersandung bangkai dan tali wangke atau terikat bangkai, sehingga disarankan untuk tidak menggelar pernikahan pada hari itu. (Mar/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.