Sukses

Selama KAA, Jokowi Juga Akan Bertemu Para Pemimpin Negara Muslim

Dalam pertemuan bilateral, masing-masing kepala negara membahas berbagai bidang dengan Presiden Jokowi selama KAA.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan 18 pertemuan bilateral dengan 18 kepala negara, selama peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA). Rencananya, semua pertemuan itu digelar di Jakarta.

"‎Seluruhnya ada 18 pertemuan bilateral, semuanya akan dilakukan di Jakarta," ujar Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (17/4/2015).

Luhut menjelaskan, dalam pertemuan bilateral, masing-masing kepala negara akan membahas berbagai bidang. Di antaranya bidang ekonomi, perdagangan, dan sosial. Termasuk membahas peningkatan hubungan kerja sama yang telah dijalin masing-masing negara.

"Agendanya, ada macam-macam, ada kepentingan beberapa negara tersebut yang ingin melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi," kata dia.

Pensiunan jenderal bintang tiga itu menyebutkan, kebanyakan kepala negara yang akan melakukan pertemuan bilateral berasal dari di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

"Contohnya dari China, ada beberapa negara ASEAN dan beberapa negara dari Timur Tengah. Kemudian akan ada pertemuan Wapres dengan OKI. Beberapa negara OKI (Organisasi Konferensi Islam) yang hadir akan memberikan pesan bahwa negara Indonesia adalah Islam yang bersahabat," jelas Luhut.

Beberapa agenda yang dibahas dalam forum KAA, lanjut Luhut, juga akan dilanjutkan dalam pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara. Salah satunya adalah, terkait isu perdamaian dan peningkatan kerja sama dalam bidang ekonomi antar sesama negara Islam.

"Tadi sedang dirancang oleh Pak Wapres dan Pak Presiden. Kemungkinan akan ada beberapa negara yang tergabung dalam OKI. Dan saya kira itu ide brilian, karena Presiden ingin memberi pesan kuat pada negara-negara Islam bahwa Islam adalah agama yang bersahabat, tidak seperti di Timur Tengah," pungkas Luhut. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini