Sukses

Pilih Wakapolri, Badrodin Haiti Ajak Bicara JK

Dalam sumpahnya, Badrodin menyatakan siap menjalankan tugas sebagai Kapolri dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi resmi melantik Wakapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri) pagi tadi. Pelantikan pria berkumis itu digelar di kantor Wapres, Jakarta.

Pelantikan Badrodin ini pun diapresiasi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pria yang karib disapa JK itu berharap, Kapolri yang baru ini dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.

"Bagus dong. (Harapannya) Ya bekerja baiklah," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Sementara itu kini posisi Wakapolri otomatis kosong. Terkait hal itu, mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut mengaku memberikan keleluasaan kepada Badrodin untuk memilih wakilnya.

Namun, kata JK, Badrodin tetap akan berdiskusi dengannya untuk membahas masalah ini. "(Posisi Wakapolri) Itu kan lagi dibicarakan dengan Badrodin," tutur JK.

Dalam sumpahnya, Badrodin menyatakan siap menjalankan tugas sebagai Kapolri dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, ia juga bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian apapun kepadanya. ‎

Upacara pelantikan Badrodin pada pukul 09.05 WIB itu dihadiri para menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan para perwira tinggi di jajaran Polri. Namun, di antara para perwira tinggi yang hadir itu, tidak tampak Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol) Komjen Budi Gunawan. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini