Sukses

JK Tinjau Persiapan KAA di Jakarta Sabtu Pagi

Menurut JK, KAA ini untuk mengenang kehebatan Indonesia yang mampu menggerakkan negara-negara lain untuk bersatu melawan penjajahan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla akan meninjau langsung persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60. Menurut pria yang karib disapa JK itu, persiapan acara berskala internasional tersebut sudah rampung. Tinggal melakukan gladi bersih saja.

"Jadi kita melihat semua besok, presentasi besok. Persiapannya tinggal merapikan substansinya, kemudian bagaimana pelayanannya dan juga teknisnya. Sudah hampir semua. Tinggal gladi bersih, mungkin lusa," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

JK menjelaskan, dirinya pada Sabtu pagi 18 April 2015 besok hanya akan meninjau persiapan KAA di Jakarta saja. Sebab sebagian besar acara dilaksanakan di Ibukota.

Sementara acara KAA di Bandung, Jawa Barat hanya penutupan dan seremonial. Pukul 09.00 WIB, JK akan meninjau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur terlebih dahulu.

"Sebenarnya acara puncaknya kan di Jakarta. Historical-nya di Bandung. Di Bandung setengah hari, di Jakarta 2 hari," ujar dia.

JK menuturkan, momen KAA akan dimanfaatkan untuk membahas gejolak di Timur Tengah. Selain itu, juga untuk mengenang kehebatan Indonesia yang mampu menggerakkan negara-negara lain untuk bersatu melawan kolonialisme.

"Namun, kolonialisme sekarang sudah hampir tidak ada lagi, tapi terjadi antara kita sendiri. Baik politiknya, penguasaan ekonomi belum rata. Juga masalah-masalah solidaritas antara negara-negara Asia-Afrika sendiri yang harus diperbaiki," papar dia.

KAA Dijamin Aman

JK menyampaikan, acara yang dihadiri oleh petinggi negara-negara tetangga ini dipastikan aman. Dia menegaskan, Polri dan TNI sudah siap mengantisipasi bermacam ancaman.

"Saya kira polisi dan TNI kita siap. Bahwa di mana pun di dunia ini selalu ada ancaman, di mana pun di dunia ini sekali lagi. Bukan hanya di sini tetapi yang penting persiapan aparat kita. Saya kira sangat siap (untuk mengantisipasinya)," ujar JK.

Bahkan, JK mengatakan, tidak menutup kemungkinan penambahan personel untuk memastikan keamanan KAA. "Kalau perlu bisa. Kan 5.000 orang disiapkan di sini," tutur dia.

Sementara penanggung jawab Panitia Nasional ‎Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) Luhut Pandjaitan mengungkapkan harapan Presiden Jokowi lewat perhelatan ini. Dia mengatakan, Presiden Jokowi sudah sejak awal berkomitmen mendorong agar Palestina menjadi negara merdeka dan masuk anggota PBB.

"Dan itu saya pikir, sangat penting untuk kita dorong mengenai kemerdekaan Palestina dan dukungan penuh Palestina masuk PBB," pungkas Luhut.

KAA ke-60 akan dilaksanakan di 2 kota, yaitu Jakarta pada 19-23 April dan Bandung pada 24 April 2015. Agenda KAA meliputi 'Asia-Afrika Bussiness Summit' dan 'Asia-Africa Carnival'.

Tema KAA ke-60 yang dibawa Indonesia dalam acara yang akan dihadiri 109 pemimpin negara dan 25 organisasi internasional tersebut adalah peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan, kesejahteraan, serta perdamaian. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.