Sukses

Jokowi Resmi Lantik Badrodin Haiti Jadi Kapolri

Sebagai pejabat tinggi negara, Badrodin bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian apapun kepadanya. ‎

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai kepala kepolisian RI (Kapolri), Jumat (17/4/2015) pagi. Pelantikan mantan Wakapolri itu digelar di Istana Negara.

Pantauan Liputan6.com, upacara pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah oleh Jokowi yang diikuti Badrodin. Dalam sumpahnya, Badrodin menyatakan siap menjalankan tugas sebagai Kapolri dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945.  

Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, ia juga bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian apapun kepadanya. ‎

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," kata Badrodin yang pangkatnya sekarang bintang 4.

Upacara pelantikan Badrodin pada pukul 09.05 WIB itu dihadiri para menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan para perwira tinggi di jajaran Polri. Namun, di antara para perwira tinggi yang hadir itu, tidak tampak Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol) Komjen Budi Gunawan.

Pelantikan Badrodin dilakukan setelah DPR menyetujui pengangkatan Badrodin menjadi kepala Polri. Persetujuan tersebut diambil dalam rapat paripurna yang digelar Kamis 16 April 2015 sore. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jenderal Drs. Badrodin Haiti lahir di Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 24 Juli 1958
    Jenderal Drs. Badrodin Haiti lahir di Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 24 Juli 1958

    Badrodin Haiti

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kapolri