Sukses

Badrodin Haiti Dilantik Jadi Kapolri Hari Ini

Acara pelantikan akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjalani fit and proper test di DPR, Komjen Pol Badrodin Haiti rencananya dilantik sebagai Kapolri hari ini, Jumat (17/4/2015). Acara pelantikan akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

"‎Iya, besok (hari ini) pukul 09.00 WIB (pelantikan), dari Setneg pukul 09.00 WIB. Sudah selesai dari DPR dan Pak Badrodin Haiti sudah bisa dilantik," ujar Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis 16 April 2015.

DPR telah menyetujui Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menjadi Kapolri. Persetujuan tersebut diambil dalam rapat paripurna yang digelar tadi sore di Gedung DPR RI.

Rapat paripurna mengagendakan laporan Komisi III DPR, dalam rangka penggantian calon Kapolri sebelumnya, yang dilanjutkan pengambilan keputusan paripurna dari Komjen Pol Budi Gunawan ke Komjen Pol Badrodin Haiti.

Mengenai siapa sosok calon Wakil Kapolri, Menteri Tedjo menyatakan posisi itu harus segera diisi bila Badrodin Haiti telah dilantik sebaga Kapolri. Prosesnya, Wanjakti akan memiilih calom dan hasilnya disampaikan kepada Presiden.

Lalu, bagaimana bila nama yang diusulkan adalah Komjen Budi Gunawan yang menjadi calon tunggal Kapolri sebelum Badrodin Haiti? Tedjo enggan menanggapinya. Dia hanya memastikan kalau nama-nama yang diajukan adalah orang-orang yang dianggap terbaik di Kepolisian.

"Apa yang diusulkan Wanjakti adalah yang terbaik, nanti presiden akan memberikan pertimbangan-pertimbangan, kalau tidak ada masalah ya beliau akan menerima apa yang diusulkan Wanjakti," tukas Tedjo. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.