Sukses

Polri Belum Tetapkan Tersangka Kasus Soal UN Bocor

Barang bukti yang disita dari kantor PNRI antara lain hard disk, scanner, CPU, flash disk, CCTV, dan hard disk eksternal.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyita sejumlah barang bukti saat penggeledahan di kantor Percetakan Negara RI (PNRI) pada Rabu 15 April 2015 malam. Penggeledahan ini terkait adanya laporan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), atas dugaan bocornya 30 buklet soal Ujian Nasional (UN) yang diunggah ke internet melalui Google Drive dalam format PDF.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Agus Rianto mengatakan, barang bukti yang disita antara lain hard disk, scanner, CPU, flash disk, CCTV, dan hard disk eksternal.

"Dari lokasi (Bareskrim) membawa beberapa barang bukti yang diduga terkait kasus ini," kata Agus di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Selain menyita sejumlah barang bukti, penyidik Bareskrim juga meminta keterangan 13 orang dari kantor PNRI. "Sampai tadi pagi penggeledahan masih dilakukan," ucap Agus.

Meski sudah menyita sejumlah barang bukti dan memeriksa saksi, namun Polri masih belum membeberkan oknum-oknum yang terlibat kecurangan tersebut.

"Ada beberapa orang yang terlibat. Saat ini masih ditangani penyidik. Belum bisa ditentukan, apakah perseorangan atau kelompok," tambah Agus.

Kasus dugaan pembocoran soal UN diduga diunggah di internet. Pelaku pembocoran soal ujian nasional terancam dijerat Pasal 32 Juncto Pasal 3 Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik Nomor 11 Tahun 2008 dan Pasal 322 KUHP, dengan ancaman hukuman 8 sampai 10 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini